Media
sosial kini telah menjadi salah satu pilihan untuk memasarkan produk dan jasa,
memiliki aktifitas percakapan, menyampaikan dan bertukar informasi. Ini adalah
standar bisnis yang sekarang terjadi di abad ini.
Namun,
sosial media marketing adalah pedang bermata dua. Jika kita tidak
menggunakannya secara efisien, efektif dan strategis itu mungkin saja hanya
membuang-buang waktu dalam sejarah hidup Anda!
Nah
di sini kami akan memberika 5 Hal dalam Social media marketing yang harus anda
perhatikan:
1. Bukan tentang
angka
Mari kita jeli tentang hal ini. Memang bagus mempunyai
ribuan bahkan jutaan follower Twitter dan Facebook pages, tapi kita harus
berfikir dua kali untuk mengumpulkan follower yang tidak sama sekali tertarik
dengan bisnis yang kita jalani. Ini membuat kita NOWHERE. Tidak ada gunanya
mempunyai banyak follower jika tidak benar-benar perduli tentang apa yang kita
share di sana. Ini tentang percakapan, hubungan dan keterlibatan, bukan massa.
2. Bukan marketing
plan
Partisipasi dalam media sosial dan berbagi informasi dan itu
harus karena menjadi salah sati alat yang berharga bagi upaya pemasaran. Jika
Anda pikir Anda bisa memposting beberapa tweet, mendapatkan respon dari
pengikut dan ajaib bisnis akan muncul, Anda keliru. Jangan menaruh semua telur
dalam satu keranjang. Pemasaran perlu pendekatan multi cabang. Tergantung pada
bisnis atau layanan Anda, Anda mungkin perlu media cetak, radio atau iklan TV,
mungkin iklan internet atau menghadiri acara bisnis seperti seminar workshop,
dan tentunya Anda pasti membutuhkan sebuah website.
3. Stop doing all
the talking
Media sosial hanya berharga ketika siklus dua arah. Anda
berbagi informasi, yang lain berkomentar, Anda menerima informasi dan
menawarkan kontribusi kepada orang lain. Informasi dan percakapan keluar masuk.
Mendengarkan sama berharganya dengan berbicara.
4. Hasil tidak
selalu berbanding lurus dengan usaha
Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di media sosial,
hasil yang lebih baik Anda dapatkan, begitu bukan? Yang salah. Pada titik
tertentu, tambahan waktu yang Anda habiskan untuk berkomunikasi di media sosial
hanya membuang-buang waktu Anda. Yang mana waktu tersebut bisa Anda gunakan
untuk hal-hal lain seperti bertemu mitra bisnis, menjual dll. Tentukan
terlebih dahulu berapa banyak waktu yang wajar untuk social media dalam upaya
pemasaran Anda.
5. Tidak terjadi
dalam semalam
Jangan mencoba untuk mengikuti 10.000 orang sekaligus. Anda
hanya akan tampil sebagai spammer. Jadilah cerdas, membangun “jaringan” Anda
secara bertahap dan konsisten. Jadilah selektif, targetkan, dan jelas tentang
apa tujuan Anda.
==============================================
Silahkan belanja produk kami :
No comments:
Post a Comment