Hosting Indonesia

Monday, 22 February 2016

3 Prinsip Utama Memasarkan Bisnis ke Social Media


Sebagai orang-orang yang bergelut dengan dunia bisnis, Sis and Bro pasti harus melakukan persiapan untuk memasarkan bisnis kita. Salah satu pilihan media promosi yang terbaik saat ini adalah social media. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Google Plus, LinkedIn, Pinterest, Path, dll. Kita dibanjiri begitu beragamnya platform dengan fungsi masing-masing.

Perusahaan mulai dari besar hingga kecil, bahkan yang belum buka pun, memanfaatkan social media. Mereka menyadari peran besar social media yang bisa membantu mempercepat proses brand awareness hingga berdampak juga pada penjualan.

Namun bagaimana jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan social media? mungkin banyak dari Sis and Bro yang sudah menyadarinya bahwa hal ini adalah sangat penting, tapi tidak atau belum tahu bagaimana memulainya. Di bawah ini kami mencoba menyajikan 3 prinsip awal sebelum Sis and Bro benar-benar memasarkan produk/jasa Sis and Bro di social media.


1. Konten adalah Segalanya

Konten itu rajanya. Apa itu konten? Konten adalah “isi” dari apa yang ingin Sis and Bro sajikan. Jika Sis and Bro ingin memperkenalkan sebuah produk/jasa, maka bagaimana cara Sis and Bro menyampaikannya, kata-kata yang dipilih, hingga gambar apa yang digunakan, itulah konten.

Bagaimana cara menentukan konten yang bagus?
Pada dasarnya tergantung dari jenis bisnis yang dipasarkan dan tujuan yang ingin dicapai. Semakin spesifik tujuannya, semakin baik. Jika
Sis and Bro adalah pemilik usaha makanan dan ingin agar brand/merk Anda dikenal puluhan ribu orang dalam waktu 3 bulan, maka Sis and Bro harus fokus pada pengenalan produk dengan memilih channel yang ramai.

Misal produknya adalah kripik, pesan apa yang
Sis and Bro ingin orang tahu tentang kripik tersebut? Katakanlah kripiknya enak, renyah, sehat, gurih, manis, tanpa bahan pengawet. Maka tugas Sis and Bro berikutnya adalah memilih channel/media yang tepat digunakan. Sebagai awal, misal gunakan Facebook & Instagram untuk memasarkan video yang menggambarkan betapa enak, renyah, dan sehatnya kripik Sis and Bro.

Di sinilah kekuatan konten dijalankan. Buatlah cerita yang menarik, dengan konsep yang disukai; misal humor, cinta, perjuangan hidup. Perjuangan hidup? Kenapa tidak. Orang menyukai iklan yang bercerita, lalu masukkan kripik
Sis and Bro ke dalamnya.


2. Design yang eye chatcing

Jika Sis and Bro ingin punya branding yang baik melalui social media, manfaatkan kekuatan gambar! Pilihannya dua: buat yang sangat bagus atau sekalian jelek. Masyarakat cenderung “tidak menoleh” kepada gambar yang biasa-biasa saja. Jelek di sini artinya bukan menjelekkan brand Sis and Bro, tapi cara penyajiannya benar-benar melupakan tata cara desain profesional. 

Hal ini banyak dilakukan melalui meme pic. Pilih gambar yang menarik (lucu, terkenal, imut), taruh kata-kata lucu beserta nama brand Sis and Bro dengan huruf putih besar menonjol, save, sebarkan!

Namun sebagai awal, kami menyarankan menggunakan desain yang baik; apa lagi jika masih awal. Biarlah orang mengenal bisnis
Sis and Bro melalui tampilan yang berkualitas. Jika Sis and Bro khawatir biaya desainnya mahal, Sis and Bro bisa cari jasa freelance designer yang tersebar banyak di Google.


3. Membangun dan menjaga Engagement

Engagement di sini artinya keterikatan, antara Sis and Bro (brand) dan (calon) konsumen Sis and Bro. Sis and Bro harus tahu bahwa ketika konsumen Sis and Bro mencari produk/jasa Sis and Bro dan bergabung dengan social media yang ada, mereka berharap informasi yang berkualitas, dengan manusia sebagai penghubungnya, bukan robot.


Berbicaralah kepada konsumen Sis and Bro sebagai seorang manusia, bukan mesin. Gunakan bahasa yang “membumi”/mudah dipahami, ramah, hangat, dan personal. Sis and Bro bisa saja menggunakan susunan kalimat yang sama ketika menjawab pertanyaan yang sama, kepada beberapa orang berbeda. Namun jika Sis and Bro ingin meningkatkan “sense of belonging” dan kedekatan pada brand Sis and Bro, luangkan waktu untuk menyusun kalimat satu per satu demi membangun “engagement” dengan orang-orang yang berbeda.


Misal, bedakan cara sapaan Sis and Bro, sedangkan jawaban teknisnya sama karena langkah-langkahnya sama. Dengan demikian, Sis and Bro telah memberikan kesan yang berbeda-beda, pastikan saja itu positif. Konsumen Sis and Bro akan merasa diistimewakan, lebih dekat, dan brand Sis and Bro pun melekat di pikiran dan hati mereka.


Itulah 3 prinsip yang bisa Sis and Bro terapkan dalam social media marketing bisnis Sis and Bro. Semuanya perlu waktu dan proses. Asal dijalani dengan tekun dan konsisten, hasilnya pasti terlihat!

Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya boleh dong membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui online store kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :

Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 36.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
Teh Hijau Pucuk Merah Rp. 25.000
Beli Via :
Tokopedia 
Bukalapak

White Tea/ Teh Putih Rp. 50.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
Kopi Banaran Premium Rp. 26.000  isi 120 gram

Beli Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original

Kopi Banaran Special Rp. 26.000 isi 250 gram
Beli Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean
Kopi Arabica Roasted Bean Rp. 40.000 isi 500 gram
Beli Via:
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 




Teh Serbuk Kaligua Rp. 8.000 isi 100 gram.
Beli Via :
Tokopedia
 Bukalapak




Teh Celup Kaligua Rp. 8.000 isi 25 bag
Beli Via :
Tokopedia
 Bukalapak



=========================================================================

  Artikel Lainnya :  

 

Facebook Fans Page Kena Banned

 

 

Dalam Bisnis Online Rejeki Harus Dijemput

 

Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online

 

Download dan Sekilas Serunya Game Pokemon Go

 

 

 

 

Cara Membuat Foto Profil Bergerak Di Facebook

 

 

Cara membuat Foto Melayang by Levitation Photography Camera

 

 

Bagaimana Cara Menulis Judul Penawaran Penjualan Online

 

 

 

Bisnis Online Hanya Dengan Website Bisakah?

  Pasang Iklan di Medsos atau Mesin Telusur ya?

  

Cara Menggunakan Twitter untuk Toko Online

  Cara Download dan Instal BBM untuk PC atau Laptop


 

Cara Mendapatkan Uang Dari Ziddu

   

 

 

  Bagaimana Cara Kerja Corong Multi-Saluran di Google Analytics

 

Bagaimana Membangun Aset Digital Untuk Bisnis Kita

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Dropship Produk Café Kindoyo

 

 

Beberapa Manfaat Teh Hijau

  

 

Manfaat White Tea (teh putih) Yang Menyehatkan

 

Apa Saja Kebutuhan Konsumen Toko Online

 

  Apa itu Experiental Marketing?

 

 

Seberapa Penting Beriklan di Facebook

 

  Perkembangan Pasar Online di Indonesia

 

 

Fitur Advertising Terbaru Facebook (kunci sukses 2)

 

Kunci Sukses Facebook Advertising (1)

 

Cara Menangani Konsumen Toko Online Dengan Bijaksana


 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

 

 

 

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

    

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

   

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?


No comments:

Post a Comment