Sebagai orang-orang yang bergelut dengan
dunia bisnis, Sis and Bro pasti harus melakukan persiapan untuk memasarkan
bisnis kita. Salah satu pilihan media promosi yang terbaik saat ini
adalah social media. Sebut saja Facebook,
Twitter, Instagram, Youtube, Google Plus, LinkedIn, Pinterest, Path,
dll. Kita dibanjiri begitu beragamnya platform dengan fungsi
masing-masing.
Perusahaan mulai dari besar hingga kecil, bahkan yang belum buka pun, memanfaatkan social media. Mereka menyadari peran besar social media yang bisa membantu mempercepat proses brand awareness hingga berdampak juga pada penjualan.
Namun bagaimana jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan social media? mungkin banyak dari Sis and Bro yang sudah menyadarinya bahwa hal ini adalah sangat penting, tapi tidak atau belum tahu bagaimana memulainya. Di bawah ini kami mencoba menyajikan 3 prinsip awal sebelum Sis and Bro benar-benar memasarkan produk/jasa Sis and Bro di social media.
Perusahaan mulai dari besar hingga kecil, bahkan yang belum buka pun, memanfaatkan social media. Mereka menyadari peran besar social media yang bisa membantu mempercepat proses brand awareness hingga berdampak juga pada penjualan.
Namun bagaimana jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan social media? mungkin banyak dari Sis and Bro yang sudah menyadarinya bahwa hal ini adalah sangat penting, tapi tidak atau belum tahu bagaimana memulainya. Di bawah ini kami mencoba menyajikan 3 prinsip awal sebelum Sis and Bro benar-benar memasarkan produk/jasa Sis and Bro di social media.
1. Konten adalah Segalanya
Konten itu rajanya. Apa itu konten?
Konten adalah “isi” dari apa yang ingin Sis and Bro sajikan. Jika Sis and Bro ingin
memperkenalkan sebuah produk/jasa, maka bagaimana cara Sis and Bro
menyampaikannya, kata-kata yang dipilih, hingga gambar apa yang
digunakan, itulah konten.
Bagaimana cara menentukan konten yang bagus?
Pada dasarnya tergantung dari jenis bisnis yang dipasarkan dan tujuan yang ingin dicapai. Semakin spesifik tujuannya, semakin baik. Jika Sis and Bro adalah pemilik usaha makanan dan ingin agar brand/merk Anda dikenal puluhan ribu orang dalam waktu 3 bulan, maka Sis and Bro harus fokus pada pengenalan produk dengan memilih channel yang ramai.
Misal produknya adalah kripik, pesan apa yang Sis and Bro ingin orang tahu tentang kripik tersebut? Katakanlah kripiknya enak, renyah, sehat, gurih, manis, tanpa bahan pengawet. Maka tugas Sis and Bro berikutnya adalah memilih channel/media yang tepat digunakan. Sebagai awal, misal gunakan Facebook & Instagram untuk memasarkan video yang menggambarkan betapa enak, renyah, dan sehatnya kripik Sis and Bro.
Di sinilah kekuatan konten dijalankan. Buatlah cerita yang menarik, dengan konsep yang disukai; misal humor, cinta, perjuangan hidup. Perjuangan hidup? Kenapa tidak. Orang menyukai iklan yang bercerita, lalu masukkan kripik Sis and Bro ke dalamnya.
Bagaimana cara menentukan konten yang bagus?
Pada dasarnya tergantung dari jenis bisnis yang dipasarkan dan tujuan yang ingin dicapai. Semakin spesifik tujuannya, semakin baik. Jika Sis and Bro adalah pemilik usaha makanan dan ingin agar brand/merk Anda dikenal puluhan ribu orang dalam waktu 3 bulan, maka Sis and Bro harus fokus pada pengenalan produk dengan memilih channel yang ramai.
Misal produknya adalah kripik, pesan apa yang Sis and Bro ingin orang tahu tentang kripik tersebut? Katakanlah kripiknya enak, renyah, sehat, gurih, manis, tanpa bahan pengawet. Maka tugas Sis and Bro berikutnya adalah memilih channel/media yang tepat digunakan. Sebagai awal, misal gunakan Facebook & Instagram untuk memasarkan video yang menggambarkan betapa enak, renyah, dan sehatnya kripik Sis and Bro.
Di sinilah kekuatan konten dijalankan. Buatlah cerita yang menarik, dengan konsep yang disukai; misal humor, cinta, perjuangan hidup. Perjuangan hidup? Kenapa tidak. Orang menyukai iklan yang bercerita, lalu masukkan kripik Sis and Bro ke dalamnya.
2. Design yang eye chatcing
Jika Sis and Bro ingin punya branding yang baik
melalui social media, manfaatkan kekuatan gambar! Pilihannya dua: buat
yang sangat bagus atau sekalian jelek. Masyarakat cenderung “tidak
menoleh” kepada gambar yang biasa-biasa saja. Jelek di sini artinya
bukan menjelekkan brand Sis and Bro, tapi cara penyajiannya benar-benar
melupakan tata cara desain profesional.
Hal ini banyak dilakukan melalui meme pic. Pilih gambar yang menarik (lucu, terkenal, imut), taruh kata-kata lucu beserta nama brand Sis and Bro dengan huruf putih besar menonjol, save, sebarkan!
Namun sebagai awal, kami menyarankan menggunakan desain yang baik; apa lagi jika masih awal. Biarlah orang mengenal bisnis Sis and Bro melalui tampilan yang berkualitas. Jika Sis and Bro khawatir biaya desainnya mahal, Sis and Bro bisa cari jasa freelance designer yang tersebar banyak di Google.
Hal ini banyak dilakukan melalui meme pic. Pilih gambar yang menarik (lucu, terkenal, imut), taruh kata-kata lucu beserta nama brand Sis and Bro dengan huruf putih besar menonjol, save, sebarkan!
Namun sebagai awal, kami menyarankan menggunakan desain yang baik; apa lagi jika masih awal. Biarlah orang mengenal bisnis Sis and Bro melalui tampilan yang berkualitas. Jika Sis and Bro khawatir biaya desainnya mahal, Sis and Bro bisa cari jasa freelance designer yang tersebar banyak di Google.
3. Membangun dan menjaga Engagement
Engagement di sini artinya keterikatan,
antara Sis and Bro (brand) dan (calon) konsumen Sis and Bro. Sis and Bro harus tahu bahwa
ketika konsumen Sis and Bro mencari produk/jasa Sis and Bro dan bergabung dengan
social media yang ada, mereka berharap informasi yang berkualitas,
dengan manusia sebagai penghubungnya, bukan robot.
Berbicaralah kepada konsumen Sis and Bro sebagai seorang manusia, bukan mesin. Gunakan bahasa yang “membumi”/mudah dipahami, ramah, hangat, dan personal. Sis and Bro bisa saja menggunakan susunan kalimat yang sama ketika menjawab pertanyaan yang sama, kepada beberapa orang berbeda. Namun jika Sis and Bro ingin meningkatkan “sense of belonging” dan kedekatan pada brand Sis and Bro, luangkan waktu untuk menyusun kalimat satu per satu demi membangun “engagement” dengan orang-orang yang berbeda.
Misal, bedakan cara sapaan Sis and Bro, sedangkan jawaban teknisnya sama karena langkah-langkahnya sama. Dengan demikian, Sis and Bro telah memberikan kesan yang berbeda-beda, pastikan saja itu positif. Konsumen Sis and Bro akan merasa diistimewakan, lebih dekat, dan brand Sis and Bro pun melekat di pikiran dan hati mereka.
Itulah 3 prinsip yang bisa Sis and Bro terapkan dalam social media marketing bisnis Sis and Bro. Semuanya perlu waktu dan proses. Asal dijalani dengan tekun dan konsisten, hasilnya pasti terlihat!
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================
Kopi Banaran Premium Rp. 26.000 isi 120 gram
Beli Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Kopi Banaran Special Rp. 26.000 isi 250 gram
Beli Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Kopi Arabica Roasted Bean Rp. 40.000 isi 500 gram
Beli Via:
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Teh Serbuk Kaligua Rp. 8.000 isi 100 gram.
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
Teh Celup Kaligua Rp. 8.000 isi 25 bag
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
=========================================================================
Berbicaralah kepada konsumen Sis and Bro sebagai seorang manusia, bukan mesin. Gunakan bahasa yang “membumi”/mudah dipahami, ramah, hangat, dan personal. Sis and Bro bisa saja menggunakan susunan kalimat yang sama ketika menjawab pertanyaan yang sama, kepada beberapa orang berbeda. Namun jika Sis and Bro ingin meningkatkan “sense of belonging” dan kedekatan pada brand Sis and Bro, luangkan waktu untuk menyusun kalimat satu per satu demi membangun “engagement” dengan orang-orang yang berbeda.
Misal, bedakan cara sapaan Sis and Bro, sedangkan jawaban teknisnya sama karena langkah-langkahnya sama. Dengan demikian, Sis and Bro telah memberikan kesan yang berbeda-beda, pastikan saja itu positif. Konsumen Sis and Bro akan merasa diistimewakan, lebih dekat, dan brand Sis and Bro pun melekat di pikiran dan hati mereka.
Itulah 3 prinsip yang bisa Sis and Bro terapkan dalam social media marketing bisnis Sis and Bro. Semuanya perlu waktu dan proses. Asal dijalani dengan tekun dan konsisten, hasilnya pasti terlihat!
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya boleh dong membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm
57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui online store kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :
Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 36.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
Teh Hijau Pucuk Merah Rp. 25.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
White Tea/ Teh Putih Rp. 50.000
Beli Via :
Tokopedia
BukalapakKopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 36.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
Teh Hijau Pucuk Merah Rp. 25.000
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
White Tea/ Teh Putih Rp. 50.000
Beli Via :
Tokopedia
Kopi Banaran Premium Rp. 26.000 isi 120 gram
Beli Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Kopi Banaran Special Rp. 26.000 isi 250 gram
Beli Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Kopi Arabica Roasted Bean Rp. 40.000 isi 500 gram
Beli Via:
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Teh Serbuk Kaligua Rp. 8.000 isi 100 gram.
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
Teh Celup Kaligua Rp. 8.000 isi 25 bag
Beli Via :
Tokopedia
Bukalapak
=========================================================================
No comments:
Post a Comment