Hosting Indonesia

Monday 21 July 2014

Berbagai Macam Jenis Kopi



Kopi adalah salah satu jenis minuman favorit. Ada banyak jenis kopi yang beredar di pasaran, selain dua jenis kopi yang sudah sangat terkenal, yakni Arabika dan Robusta. Berikut beberapa jenis kopi yang biasa dikonsumsi dalam berbagai olahan. Benyto

1. Kopi Robusta.
Kopi ini pernah menjadi jawara di tanah air bagi penikmat kopi. Memiliki rasa mirip seperti coklat dengan tekstur lebih kasar dan memiliki wangi yang halus serta manis. Kebanyakan pengolahan kopi ini hanya sebatas dibuat menjadi kopi tubruk.

2. Kopi Arabika.
Saat ini jenis kopi Arabika merupakan kopi dengan varietas terbesar yang telah banyak menyebar ke seluruh dunia sekitar 70%. Kopi Arabika memiliki aroma mirip percampuran bunga dan buah dengan sensasi asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta dengan cairan yang kental saat diminum dan rasanya lebih halus tetapi pahit. Saat ini olahan dari kopi Arabika telah banyak dikreasikan menjadi olahan kopi baru yang mengadopsi racikan dari sajian kopi Italia seperti espresso, cappuccino dan latte.

3. Kopi Luwak.
Kopi luwak merupakan kopi yang dihasilkan dari proses konsumsi biji oleh luwak ketika musim panen, bisa berjenis Arabika atau Robusta yang terbuang bersama ampas dari kotoran luwak tersebut. Kualitas dari kopi ini sangat tinggi karena proses pemilihan alami dari luwak yang hanya memilih kopi matang pada satu pohon sebanyak 1-2 butir buah kopi. Hasil pematangannya pun secara alami dari enzim di dalam perut luwak. Biasanya kopi ini diolah menjadi sajian kopi hitam.

4. Kopi Liberika.
Merupakan jenis kopi yang memiliki rasa di antara Arabika dan Robusta. Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Di abad 19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit. Kopi ini masih dalam tahap pengembangan. Kopi ini sering diolah menjadi espresso, latte, dan cappuccino.

5. Kopi Lintong.
Kopi Lintong masih dalam golongan varietas dari kopi Arabika.
Kopi ini berasal dari daerah Mandailing Sumatera Utara dan memiliki kadar asam yang sedang dan sangat diminati para pencinta kopi. Olahan kopi yang sering dibuat untuk jenis kopi ini adalah sajian kopi hitam.

6. Kopi Kolombia.
Kopi yang masih termasuk dalam golongan kopi Arabika ini untuk pertama kali diperkenalkan di Kolombia pada awai tahun 1800. Beberapa kultivar kopi Kolombia seperti mara$o$ype, caturra, typica dan bourbon ditanam di negeri ini. Jika langsung dilakukan pengovenan kopi ini memiliki rasa dan aroma yang kuat dan biasa disajikan sebagai. kopi hitam dan pemberi aroma pada cake kopi.

7. Kopi Muncak.
Berasal dari kotoran sejenis rusa yang ditemukan di Asia Barat Daya. Berbeda dengan kopi luwak, kopi muncak sebagian besar berasal dari ceceran biji kopi di alam bebas, paling banyak ditemukan di Malaysia dan Indonesia. Kopi ini biasanya dibuat kopi hitam.

8. Kopi Toraja.
Adalah kopi dari jenis Arabika yang tumbuh pada dataran tinggi di Toraja, Sulawesi Selatan. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dan memiliki bobot yang berat. Biasanya kopi ini sering disajikan untuk menjadi kopi tubruk dengan ampas dan kopi susu memiliki kadar asam sedang. Berasal dari Kingston Utara di Jamaika yang terkenal dengan Blue Mountain. Kopi ini memiliki daya jual tinggi dan biasa disajikan menjadi black coffee di Amerika Serikat dan Inggris. Olahan kopi ini sering digunakan untuk dijadikan sajian kopi hitam, dan penambah rasa.

9. Jamaica Blue Mountain Coffee.
Kopi yang memiliki kadar asam sedang. Berasal dari Kingston Utara di Jamaika yang terkenal dengan Blue Mountain. Kopi ini memiliki daya jual tinggi dan biasa disajikan menjadi black coffee di Amerika Serikat dan Inggris. Olahan kopi ini sering digunakan untuk dijadikan sajian kopi hitam, dan penambah rasa.

10. Kopi Racemosa.
Kopi Racemosa berasal dari Afrika Barat dan memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap hama. Di Indonesia kopi ini juga dipakai sebagai pengganti kopi Arabika jika terserang hama. Rasa kopi ini berada di antara kopi Arabika dan Robusta. Serta banyak diolah menjadi olahan kopi hitam, penambah rasa pada cake, sirup, espresso dan cappuccino.
==========================================================================
Silahkan belanja produk kami :

Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 31.000 per bag

Kopi Banaran Premium Rp. 27.000,- per bag

Kopi Banaran Original 250 gram Rp. 26.000

Kopi Banaran Original 100 gram Rp. 14.000

Arabica Roasted Bean Rp. 78.000 per kg

(Hub.081 225 089 203 via sms atau whatsapp dan bbm di 57038980)

==================================================================================

Sssttt... khusus untuk pengunjung Cafe Kindoyo, jika ingin menghasilkan uang dari Website / Blog anda ? silakan Klik Disini
 
http://tipshamil/?ref=mkindoyo

No comments:

Post a Comment