Hosting Indonesia

Thursday 23 April 2015

RAHASIA KOPI LUWAK BANARAN





Sis and Bro berikut akan kami ceritakan sekilas tentang Rahasia pengolahan Kopi Luwak Banaran, nah.... seperti apa proses pengolahan Kopi Luwak Banaran yang unik ini, kenapa dijual dengan harga mahal ?, pastinya Sis and Bro mau tau apa rahasia dan bagaimana proses pembuatannya bukan? mari kita simak bersama tanpa harus datang ke penangkaran yang terletak di perkebunan kopi jauh dari kota.
 
Sarana dan Prasarana
Pertama-tama sebelum mengetahui bagaimana detail proses pembuatannya, ada tiga hal penting harus diperhatikan sebagai sarana dasar yang harus tersedia pada penangkaran, karena pada intinya proses pembuatan cukup sederhana namun  tidak akan berhasil tanpa tiga point dibawah ini
  • Kandang Luwak
  • Biji Kopi   
  • Hewan Luwak
Jika dari ketiga prasarana diatas telah tersedia maka tinggal mengikuti prosedur selanjutnya yaitu praktek pengolahan di lapangan seperti apa dan bagaimana?
silahkan terus menyimak pembeberan informasi yang bersifat rahasia ini sangat berbeda dari situs jenis-jenis kopi yang lainnya

 
Cara Pemetikan
Perlu diingat cara pemetikan terbaik  adalah dengan memetik buah kopi satu persatu tidak boleh sekaligus, adapun buah yang boleh dipetik adalah yang sudah matang karena binatang luwak hanya menyukai buah kopi merah ranum
Cara Penyortiran
Langkah kedua setelah pemetikan, buah kopi harus disortir terlebih dulu kemudian pilihlah yang terbaik dan benar benar matang dengan bentuk yang masih utuh dan mulus, pisahkan dari yang keropos/busuk
Cara Pembersihan
Selanjutnya buah kopi harus dibersihkan dari kotoran yang menempel seperti debu dan serangga, caranya adalah dengan dicuci sampai bersih lalu ditiriskan kedalam nyiru (anyaman bambu) biarkan sisa air cucian merembes turun.
Cara Penyajian
Kemudian langkah terakhir adalah penyajian buah kopi untuk diberikan kepada hewan luwak, idealnya pemberian buah kopi berkisar antara 1-2 kg tidak boleh lebih. Seperti yang sudah diterangkan pada atikel sebelumnya jadwal makan luwak maka waktu yang bagus untuk memberikan makanan kopi untuk luwak adalah sore dan malam hari karena luwak memiliki sifat nokturnal alias doyan makan di waktu malam, adapun kegiatannya di siang hari adalah molor.
Pengambilan Hasil/Panen
End of proses adalah pada waktu pagi memanen biji kopi yang  telah berubah 100% menjadi Kopi Luwak Banaran (prongkolan/green beans), sekarang saatnya memanen dengan cara mengumpulkan kotoran yang bercampur kopi . Proses selanjutnya ialah pencucian (washing) untuk memisahkan biji kopi dari kotoran (feses) lalu kemudian dijemur hingga kering dan bersih setelah berhasil maka kopi akan sedikit berubah warna menjadi hijau (green beans) lalu dipacking, sampai disini proses pengolahan  telah selesai dalam bentuk green beans selanjutnya tinggal dipanggang atau dibakar (roasting) sehingga warnanya menjadi coklat (roasted beans) lalu digiling hingga bubuk (grounded beans) siap seduh. 

Demikian proses pembuatan lengkap dari a-z sebenarnya sejak panen dilakukan kopi sudah bisa langsung dijual dalam bentuk prongkolan (raw beans) karena permintaan kopi luwak tidak terbatas hanya pada grounded beans, roasted beans dan green beans

Jadi mengapa Kopi Luwak Banaran punya aroma khas dan rasa originalnya begitu memikat hati para pecinta kopi? Selanjutnya agar citarasa dan aroma tetap terjaga ada beberapa prosedur standart internasional yang harus dijalankan. Mulai dari tahap standart prosedur pengeringan biji kopi luwak sampai dengan proses pengolahan manjadi bubuk kopi. 

Berikut rahasia kopi luwak :
1. Proses pertama ada standart yang harus dilaksanakan adalah proses pengeringan. Dalam tahap pengeringan ini yang ditekankan adalah unsur kadar air yang terkandung sampai saat proses pengeringan. Persentasi kadar air akan berbeda jika menggunakan oven dengan menggunakan matahari langsung. Untuk biji kopi luwak prosesnya dilakukan dialami dikeingkan dengan sinar matahari, yang di kontrol ketat kadar airnya.

2. Proses berikutnya adalah pemilihan biji yang bagus dan bersih. Tahap ini adalah proses penyortiran yang dilakukan secara manual, dimana dilakukan pemisahaan antara kulit kopi dan juga dari benda asing saat terjadinya proses pengeringan.
3. Inilah rahasia yang terakhir yang dapat kami kutip, dimana proses penggosengan biji kopi masih menggunakan alat khusus tradional yang juga menggunakan kadar pengurangan kadir air saat terjadinya penggorengan biji kopi. Saat proses penggorengan biji kopi adalah murni tanpa campuran rasa atau campuran lainnya.

Dari seluruh proses tahap diatas, hal yang sangat kami tekankan adalah tidak memproduksi massal kopi yang akan di disribusikan. Agar kopi tetap fresh serta tahan lama, Kopi Luwak Banaran di produksi dalam jumlah yang disesuaikan dengan pesanan dari calon pembeli. Nah andapun tidak perlu kuatir lagi, sebab Kopi Luwak Banaran selalu original dan fresh.
===============================================

Silahkan belanja produk kami :

Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 31.000 per bag

Kopi Banaran Premium Rp. 27.000,- per bag

Kopi Banaran Original 250 gram Rp. 26.000

Kopi Banaran Original 100 gram Rp. 14.000

Arabica Roasted Bean Rp. 78.000 per kg

(Hub.081 225 089 203 via sms atau whatsapp dan bbm di 57038980)

Sssttt... khusus untuk pengunjung Cafe Kindoyo, jika ingin menghasilkan uang dari Website / Blog anda ? silakan Klik Disini 
 
http://tipshamil.com/?ref=mkindoyo

No comments:

Post a Comment