Hosting Indonesia

Thursday 23 April 2015

APA ITU WHITE COFFEE




Sis and Bro ada yang namanya kopi putih sebenarnya adalah tidak putih.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar mengenai "White Coffee" atau kopi putih, bahkan belakangan ini kita juga telah melihat iklannya di media cetak dan televisi. Tahun lalu pun di Jakarta mulai dibuka gerai kopi waralaba yang menyuguhkan kopi putih. Sebenarnya apakah yang disebut kopi putih atau white coffee itu, berikut ini adalah beberapa pengertian mengenai kopi putih.


White coffee dibuat dari biji kopi yang digoreng sangan (roasted) tetapi tidak sampai matang, sehingga akan menghasilkan biji kopi yang berwarna lebih terang dan aroma berbeda daripada biji kopi umumnya yang disangrai sampai matang yang biasanya akan menghasilkan biji kopi berwarna coklat gelap dan aroma khas kopi. 

Baca juga : Berbagai Macam Jenis Kopi

Biji kopi putih ini juga lebih keras dari biji kopi yang digoreng sangan matang sehingga membutuhkan grinder khusus untuk menggilingnya, dan karena berasal dari biji kopi yang digoreng sangan tidak sampai matang maka kopi putih diduga mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi biasa.

Berbeda lagi di negara2 barat seperti Amerika, Inggris, dan Australia, yang dimaksudkan dengan White Coffee seringkali merujuk kepada kopi hitam atau espresso yang ditambah susu atau krimer (creamer/whitener). Bedanya dengan "cafe au lait" yang merupakan kopi dengan susu juga adalah, white coffee menggunakan susu dengan suhu kamar sedangkan cafe au lait menggunakan susu panas.

Artikel terkait : Dimana Beli Kopi Banaran, harganya berapa?
Di Amerika, white coffee juga bisa merujuk pada biji kopi yang digoreng sangan (hanya) sampai kuning, dan ketika dibuat espresso menghasilkan minuman kopi encer berwarna kuning namun dengan keasaman tinggi. Jenis biji kopi ini umumnya hanya untuk membuat espresso, tidak untuk kopi seduh biasa. 

Karena digoreng sangan dalam waktu yang lebih singkat, maka gula alami dalam biji tersebut tidak sampai terkaramelisasi (anda yang sering membuat sendiri gula karamel akan mengerti maksud "tidak terkaramelisasi") dan tidak meninggalkan rasa pahit, rasa dan aromanya dikatakan seperti kacang.

artikel lainnya : Keunikan Mesin Coffee / Coffee Maker
White coffee juga dapat merujuk kepada Ipoh white coffee, minuman kopi populer yang berasal dari Ipoh, Perak, Malaysia. Kopi putih ini berasal dari biji kopi yang digoreng sangan dengan margarin, sehingga memberikan warna lebih terang dibandingkan dengan kopi hitam tradisional Malaysia (Kopi-O), yang digoreng sangan selain dengan margarin juga gula dan gandum. Ipoh white coffee disajikan dengan susu kental, saat ini juga banyak tersedia dalam bentuk instan.

Sebenarnya istilah "kopi putih" berasal dari bahasa Cina, yang diperkenalkan pada abad ke 19 oleh imigran Cina yang datang untuk bekerja di tambang timah lokal di Ipoh, yang artinya tidak ada hubungannya dengan warna tetapi lebih merujuk kepada bagaimana cara biji kopi digoreng sangan. 

Artikel penting lainnya : Rahasia Kopi Luwak Banaran

Di Cina, kata "putih" juga berarti "tanpa", atau "murni". Maksudnya tidak ada suatu apapun yang ditambahkan selama proses penggorengan sangan biji kopi. Ipoh White Coffee telah diadopsi sebagai salah satu minuman resmi di Paviliun Malaysia pada World Expo 2010 di Shanghai, Cina.
Selain itu ada juga jenis minuman lain didunia yang menggunakan istilah white coffee. Di Yaman yang disebut white coffee adalah sejenis minuman yang berasal dari kulit biji kopi yang diseduh dengan menambahkan beberapa macam rempah rempah. 

Kemudian berbeda lagi di Lebanon dan Siria, yang disebut white coffee malah sama sekali bukan kopi, melainkan sejenis "teh herbal" yang dibuat dari air kuntum bunga jeruk, bersifat menenangkan syaraf, biasanya dihidangkan setelah selesai makan hidangan dengan menu berat. Di Lebanon diberikan pada bayi yang rewel, juga digunakan sebagai parfum pada air mandi ataupun langsung pada kulit.
Baca juga yang satu ini : Manfaat Kopi dan Kafein


Sekarang kita tahu ada bermacam-macam pengertian untuk "white coffee", Meskipun demikian white coffee yang saat ini mulai populer dan mulai digemari di Indonesia bahkan telah ada gerai franchise nya jelas merujuk kepada white coffee yang berasal dari negeri jiran, Malaysia. 

Hanya saja kira-kira 2 tahun yang lalu di Malaysia terjadi boikot terhadap white coffee yang sangat terkenal mereknya. Anda dapat mencari tahu lebih jelas mengenai boikot ini, didunia maya atau langsung kepada kenalan anda dinegara jiran tersebut, saya sendiri terkejut dengan tuduhan pada boikot tersebut


Istilah white coffee dapat digunakan untuk merujuk pada salah satu dari tiga jenis minuman. White coffee dapat digunakan untuk menggambarkan kopi hitam yang ditambahkan susu atau krim sehingga mengubah warnanya menjadi sangat terang atau putih cair. White coffee dapat berupa teh yang terbuat dari bunga jeruk yang disajikan di Yaman. 

Artikel lain : Cara membuat kopi nikmat

Yang paling sering, white coffee mengacu pada biji kopi biasa yang tidak dipanggang dengan cara tradisional, namun dipanggang dalam tingkat panas tertentu, yang mengubah warnanya menjadi  kuning-coklat pucat. Biji kopi ini memiliki rasa khas yang berbeda dari kopi biasa dan bisa diseduh dengan cara yang berbeda untuk membuat kopi yang berwarna terang.

Proses pembuatan biji white coffee sangat berbeda dari yang digunakan untuk membuat biji kopi berwarna gelap. Teknik standar untuk mengolah biji kopi adalah dengan memanggang biji dalam panas tinggi dan mereka terus-menerus diaduk agar tidak terbakar. Proses ini membuat biji pecah karena kelembaban di dalamnya mengembang dan gula terkaramelisasi, memberikan rasa pahit yang khas.

Biji white coffee tidak dipanggang, melainkan diberi panas rendah dan mengering dalam waktu yang sangat lama. Alih-alih terkaramelisasi dan berwarna coklat, biji menjadi pucat dan gula di dalamnya tidak berubah menjadi pahit. Sebenarnya, biji kopi berkembang menjadi white coffee karena mereka dipanggang undercooking, menciptakan rasa yang sangat berbeda dari rasa kopi biasa.

Penting untuk dibaca : Berbagai Jenis Kopi Di Indonesia

Rasa white coffee digambarkan sebagai nutty dan asam, serta beraroma khas. Proses penyajian minuman dari biji white coffee yaitu dengan menyeduh mereka dalam air selama beberapa saat. Warna cairan setelah biji white coffee diseduh adalah kuning-coklat atau keemasan.

Biji kopi jenis ini tidak mudah dihancurkan dan digiling sebagaimana biji kopi yang dipanggang konvensional. Ini berarti lebih sulit untuk mengolah biji white coffee menjadi halus untuk kemudian diseduh. Penggiling dioperasikan dengan tangan atau, alat penggiling rempah-rempah yang bertenaga kuat dapat digunakan untuk menggiling biji white coffee

Ada beberapa laporan bahwa white coffee memiliki jumlah kafein lebih banyak daripada kopi dipanggang-gelap, tapi ini tidak umum. Dalam kasus tertentu, kafein yang kadarnya lebih tinggi dalam biji white coffee disebabkan akibat jenis kopi yang digunakan, bukan akibat proses pengolahan.

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!


Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One 

=========================================================================
Artikel Terkait :

Mengambil Rejeki Dari Tuhan

Kesuksesan hasil metamorphosis

Semesta Mendukung atau Law Attraction

Beberapa Strategi Branding

Teknik Dan Strategi Penjualan EBOOK

Tools Untuk Populerkan Bisnis Online

Penyebab Traffic Blog Turun Drastis dan Cara Mengatasinya

No comments:

Post a Comment