Hosting Indonesia

Monday 31 August 2015

Beberapa Strategi Branding



Sis and Bro sering kita memikirkan mengenai brand, brand dan brand. Selanjutnya kita berpikir bagaimana cara melakukan strategi branding yang baik secara online maupun offline, tetapi terkadang kita lupa bagaimana cara membangun strategi branding yang efisien namun tepat sasaran.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa  kita lakukan dalam mengoptimalkan strategi branding :


1) Arahnya Kemana

Kita harus selalu memiliki arah relevan dengan trend yang terjadi di industri dimana brand kita berada, selalu mengikuti perkembangan dan bahkan mempersiapkan dengan segala kemungkinan trend yang akan terjadi.

Kami ambil contoh dengan restoran, cafe, butik dll. saat ini trend menggunakan media sosial seperti Facebook, Tweeter, Instagram dll. merupakan salah satu media yang “break out” digunakan oleh brand-brand restoran dan cafe dan yang lainnya untuk menjaring pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Akan sangat berbeda dengan brand yang tetap menggunakan jalur pemasaran konvensional yang mengabaikan potensi media sosial, bisa saja tertinggal jauh dibelakang para kompetitornya yang telah lebih dulu menggunakan media sosial sebagai tools marketing mereka.


2) Berorientasi kepada solusi

Hal lain yang terkait dalam adalah “customer oriented” , yang merupakan kebalikan dari “profit oriented” .  Berorientasi kepada solusi yang dibutuhkan oleh konsumen merupakan salah satu turunan dari “customer oriented”. Hal tersebut merupakan salah satu landasan terkuat untuk bagaimana membangun loyal customer base, yang akan berujung kepada strategi branding yang optimal.

Maaf bagi Sis and Bro yang sudah lama menikah namun belum dikaruniai anak bisa klik disini


3) Tingkat kemudahan Akses

Selanjutnya bagaimana caranya agar konsumen dapat dengan mudah mengetahui keberadaan brand kita? kami ambil contoh dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile dibandingkan dengan desktop/laptop untuk melakukan browsing secara online selama beberapa tahun kebelakang.

Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap brand-brand yang sudah mempersiapkan lebih dulu website miliknya agar dapat dengan mudah diakses oleh konsumen saat mereka menggunakan perangkat mobile.


4) Keterbukaan

Saat ini merupakan era transparansi antara perusahaan dengan para pelanggannya, terutama didukung dengan penggunaan media sosial yang menjadi alat sebagai penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Hal tersebut terkait dengan transparansi dalam kualitas pelayanan, produk atau jasa yang dijual hingga permasalahan-permasalahan yang sedang dialami.

Dengan adanya transparansi, hal tersebut akan menumbuhkan kepercayaan konsumen yang secara tidak langsung akan mengoptimalkan branding.


5) Bermutu tinggi
Apabila barang atau jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan tidak memiliki fitur sebaik kompetitor kita, namun kita memiliki pelayanan customer support yang lebih baik dibandingkan kompetitor, tentunya hal tersebut akan menjadi nilai positip yang juga akan meningkatkan brand secara optimal.

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran…!

No comments:

Post a Comment