sis and Bro kita semua mengetahui bahwa perkembangan
pasar dalam bisnis dari masa ke masa sangat menarik untuk dicermati. Terjadi
perbedaan sebaran pasar dari era sebelum dan sesudah tahun 2000 dimana
sebelumnya potensi pasar hanya tersebar di sekitar tempat bisnis itu berada.
Semenjak teknologi informasi ikut andil dalam proses bisnis, sebaran menjadi
luas. Pasar terbentuk sampai ke luar daerah, luar provinsi, seluruh Indonesia
dan bahkan luar negeri.
Jika
kita bicara tentang teknologi informasi yang digunakan oleh pebisnis, maka
mayoritas akan setuju bahwa teknologi informasi berbasis internet adalah alat
utama dalam menyebarkan pasar. Didalam internet sendiri mempunyai
program-program pendukung seperti adanya website dan beragam aplikasi yang juga
berperan mempermudah proses layanan sebuah produk.
Sis and Bro pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba ulas tentang kemudahannya sesuai dengan bidang usaha
yang kami tekuni yaitu bisnis registrasi domain name dan penyediaan web
hosting. Bisa juga terjadi kemiripan dalam proses layanan dengan bidang-bidang
usaha lainnya karena produk yang kami jual sejatinya adalah komoditas. Apapun
itu bisnisnya jika menggunakan internet harus mempunyai produk atau komoditi
yang akan dijual.
Jika
kita berbicara tentang sebaran pasar di tempat pertama maka konsumen nya hanya
di sekitar area kota Semarang. Konsumen akan datang ke kafe dan melakukan
pemesanan dan transaksi secara langsung disana. Sedangkan untuk tempat jualan
online, konsumen kami tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai
Merauke. atau jika kita merujuk ke database Café Kindoyo saat ini mempunyai banyak
pelanggan.
Kemudahan
untuk menampilkan produk dan layanan usaha
Dengan
hadirnya website, ragam produk Café Kindoyo bisa kami tampilkan disana,
sehingga mempermudah calon konsumen untuk memilih sesuai dengan kebutuhannya.
Website mampu menjelaskan secara lengkap produk dan fasilitas yang akan didapat
oleh konsumen. Bisa pula menjelaskan secara detail berbagai panduan tentang
cara penggunaan produknya.
Metode
serupa bisa diterapkan oleh pebisnis yang ingin memperluas pasar dengan
menyajikan produknya secara lengkap. Dengan website, pebisnis tidak perlu lagi
gunakan cara konvensional menggunakan jasa ekspedisi seperti mengirimkan
brosur, lembaran proposal ataupun profil produk kepada calon konsumen yang jaraknya
jauh dari lokasi usaha. Bisa juga menggunakan email untuk menyebarkan profil
usaha dan deskripsi produk. Email adalah salah satu alat komunikasi dalam
teknologi informasi.
Kemudahan
transaksi usaha
Website
Café Kindoyo mempunyai integrasi sistem yang menangani pemesanan dan manajemen pelanggan menjadi satu bagian utuh. Pelanggan bisa pesan
produk yang diinginkan dan melalui berbagai macam cara. Bisa melalui pemesanan langsung via SMS, Whatsapp, bbm, elevenia, bukalapak, tokopedia maupun sarana lainnya.
Pelanggan
selanjutnya melakukan pembayaran melalui perangkat transaksi berbasis teknologi
informasi. Misalnya transfer uang menggunakan m-banking atau internet banking
ke rekening bank Café Kindoyo. Setelah selesai, pelanggan melakukan konfirmasi
pembayaran melalui sms/whatsapp atau bbm. Melalui email, staf billing Café Kindoyo
menerima konfirmasi tersebut dan mencocokkan mutasi transfer melalui fasilitas
internet banking. Setelah cocok, staf billing akan melakukan pengiriman produk
melalui jasa ekspedisi.
Jika melalui elevenia, bukalapak, tokopedia atau yang lainnya tinggal klik pilih barang bayar menggunakan transfer atau kartu kredit, sudah selesai, tinggal tunggu barang dikirim oleh penjual.
Jika melalui elevenia, bukalapak, tokopedia atau yang lainnya tinggal klik pilih barang bayar menggunakan transfer atau kartu kredit, sudah selesai, tinggal tunggu barang dikirim oleh penjual.
Metode
serupa juga bisa dilakukan oleh para pebisnis lain untuk melancarkan transaksi
usahanya. Sistem tersebut diatas bisa diaplikasikan untuk pebisnis yang
mempunyai beragam komoditas misalnya furniture, pakaian, elektronik, makanan
dan minuman, jasa tour dan travel, hotel, dan lain sebagainya.
Pemilik
usaha dapat menampilkan produknya melalui website, pelanggan memilih produk dan
membayarkannya, selanjutnya produk bisa dikirim melalui jasa ekspedisi yang ada
ke berbagai daerah di Indonesia. Alur transaksi ini akan menciptakan pasar
global dimana pebisnis akan mempunyai pelanggan yang tersebar luas di seluruh
Indonesia, bahkan dunia internasional.
Kemudahan
komunikasi layanan
Salah
satu unsur penting dalam usaha adalah komunikasi. Menjalankan bisnis secara
konvensional, alat komunikasi yang biasa digunakan adalah telpon dan fax.
Tujuan berkomunikasi adalah untuk marketing dan layanan purna jual (after sales)
kepada pelanggan.
Jika
kita bicara gaya berbasis teknologi informasi internet maka banyak ragam
aplikasi yang mempermudah untuk komunikasi antar penggunanya. Lihat saja
program aplikasi komunikasi seperti Skype, Yahoo Messenger (YM), GTalk, dan
lainnya.
Di Café
Kindoyo memang masih ada komunikasi menggunakan telpon namun mayoritas
komunikasi marketing dan layanan purna jual adalah melalui email, sms, whatsapp, dan
bbm.
Jadi,
dengan layanan komunikasi berbasis teknologi informasi internet, masyarakat
tidak harus mengeluarkan banyak biaya lagi untuk komunikasi bisnis. Mereka bisa lebih
berhemat.
Komunikasi
layanan juga bisa menggunakan email agar mendapatkan catatan yang runut dan
terperinci dari setiap komunikasi sebagai arsip. Keunggulan metode email dan
chatting adalah mampu menciptakan rekaman komunikasi. Data-data komunikasi bisa
tersimpan sebagai arsip secara digital sehingga memudahkan proses pelacakan
transaksi/komunikasi di kemudian hari. Berbeda dengan telpon yang harus
menyediakan alat rekam dan tentunya mahal dalam investasinya.
Kemudahan
administrasi
Tertib
administrasi ikut menentukan dalam manajemen pengelolaan sebuah unit usaha.
Administrasi disini adalah kemampuan menata keuangan, data pelanggan, data
produksi, data bahan baku, data komunikasi, data staf/pegawai dan lain
sebagainya dalam sebuah database yang dinamis. Menjadi dinamis karena antar
data satu dengan data lainnya saling terkoneksi dan menghasilkan data-data
akhir untuk proses operasional usaha.
Café
Kindoyo mempunyai sistem administrasi tersebut diatas yang berjalan secara
online dalam website. Sistem ini akan menangani data pemesanan dari pelanggan,
informasi tagihan, kwitansi, informasi produk yang digunakan pelanggan, sistem
stok produk, administrasi bahan baku dan data komunikasi dengan pelanggan.
Semuanya tersaji dalam data digital (paperless).
Bila
menggunakan cara konvensional, maka akan terjadi penggunaan kertas yang banyak,
penggunaan lemari sebagai tempat arsip yang tentunya makan banyak tempat dalam
sebuah kantor. Hadirnya teknologi informasi berbasiskan aplikasi website, maka
cukup memanfaatkan sebuah komputer server, laptop dan koneksi internet saja untuk
manajerial operasional usaha. Hal ini bisa diaplikasikan oleh pebisnis lain.
Kemudahan
operasional usaha
Internet
mempermudah kita online dimana saja. Jika operasional usaha mayoritas
menggunakan teknologi informasi berbasis internet maka tidak menutup
kemungkinan bisa bekerja dimana-mana sesuai kemauan kita.
Kegiatan
komunikasi marketing dan layanan purna jual sudah menggunakan aplikasi email
dan chatting, koordinasi dengan staf produksi dan rekanan usaha pun bisa
menggunakan aplikasi tersebut. Inilah yang dinamakan kerja remote, yaitu
bekerja jarak jauh dan bisa dilakukan di lokasi yang berbeda-beda tanpa
mengurangi produktivitas. Namun koordinasi tatap muka dengan semua pihak yang
berkaitan dengan produksi harus tetap dilakukan, sebagai ujud langkah pengawasan
kinerja perusahaan.
Kesimpulan dari hadirnya teknologi informasi ini
adalah sebagai alat yang mempermudah usaha sekaligus alat untuk meningkatkan
produktivitas usaha. Namun hal yang wajib diperhatikan dalam berwirausaha
adalah hadirnya sistem atau dikenal dengan Standard Operational Procedure
(SOP), agar kegiatan operasional usaha berjalan dengan baik dan sesuai dengan
standarisasi mutu yang berlaku.
=========================================================================
Silahkan membeli produk kami, yang pernah mampir di Kampoeng Kopi Banaran pasti sudah pernah merasakan nikmatnya Kopi Banaran. Segera saja pesan di Cafe Kindoyo no. telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
==================================================================================
Artikel Lainnya :
No comments:
Post a Comment