Sis and Bro pada saat ini toko online sudah bukan barang baru di Indonesia. Masyarakat
pun sudah mulai terbiasa untuk belanja secara online. Hal tersebut
terlihat dari beragamnya produk yang laris dijual secara online.
Memiliki toko online pun mudah dan murah. Saat ini ada banyak penyedia
jasa pembuatan website toko online yang bisa kita pilih. Sayangnya
menjalankan toko online tidak sesederhana membuat websitenya. Persaingan
di dunia online justru lebih tinggi dibandingkan toko offline.
Pengunjung hanya perlu beberapa detik untuk meninggalkan toko online
kita dan beralih ke kompetitor. Salah satu penyebab pengunjung “lari”
bisa jadi karena homepage atau halaman utama website kita yang buruk. Di
sini kita akan membahas beberapa hal yang wajib ada di homepage toko online
agar pengunjung tidak lari.
1. Brand atau Nama Toko Online
Kesalahan umum pemilik toko online adalah tidak memberikan nama untuk
Tokonya. Biasanya karena terobsesi dengan SEO sehingga nama domain dan
brand pun dibuat umum dan seadanya. Sering kita temukan toko online
dengan domain umum seperti JualBaju.com atau BajuMurah.com.
Bagus untuk
SEO memang, namun sayangnya di websitenya pun tetap memakai nama Jual
Baju sebagai brand atau nama tokonya. Sebenarnya tidak masalah jika kita
menggunakan nama domain website yang umum, tetapi sertakan juga nama
brand kita di homepage. Jika belum punya nama, cara nama sekarang. Bisa
juga menambahkan tagline unik untuk memudahkan pengunjung mengingat
brand kita. Identitas suatu brand yang bisa ditampilkan di website toko
online Anda adalah logo.
2. Keunggulan Toko Online
Beritahu pengunjung alasan kenapa mereka harus belanja di toko online
Kita. Tidak perlu penjelasan panjang lebar dalam bentuk paragraf.
Tampilkan saja dalam bentuk poin disertai gambar atu icon agar lebih
menarik. Lihat bagaimana Lazada melakukannya dengan baik pada gambar di bawah.
![contoh keunggulan toko online](http://blog.idkeyword.com/wp-content/uploads/2014/10/keunggulan-toko-online.png)
3. Form Pencarian Produk
Tidak sedikit pengunjung yang sudah tahu mau membeli apa.
Permasalahannya mereka tidak tahu dimana menemukan produk tersebut di
toko online kita. Menyediakan form pencarian adalah cara terbaik
mengatasi masalah tersebut. Beritahu juga kepada pengunjung apa saja
yang bisa kita cari, misalkan merk, brand, atau kategori. Lebih baik
lagi jika kita juga menyertakan pencarian populer yang paling sering
dicari oleh pengunjung lain. Lihat contoh yang dimiliki Lazada pada
gambar.
![contoh form pencarian pada toko online](http://blog.idkeyword.com/wp-content/uploads/2014/10/form-pencarian-toko-online.png)
4. Produk atau Kategori Pilihan
Produk pilihan membantu pengunjung kita yang belum tahu mau membeli
apa. Tampilkan produk atau kategori yang paling laku atau yang ingin
kita jual. Selain produk, kita juga bisa menampilkan kategori atau brand
produk yang ada populer. Produk pilihan ini harus ditampilkan berbeda
dengan list produk yang biasa. Pastikan agar pengunjung pun tahu bahwa
ini adalah produk unggulan kita. Bila perlu buat banner tambahan untuk
produk ini. Tips memilih produk yang tepat adalah produk terlaris, atau
yang sedang kita berikan promo.
![contoh produk pilihan pada toko online](http://blog.idkeyword.com/wp-content/uploads/2014/10/produk-pilihan-toko-online.jpg)
5. Cara atau Panduan Berbelanja
Panduan berbelanja di toko online kita perlu disampaikan kepada calon
pelanggan. Khusus di homepage disarankan untuk menampilkan ringkasan
prosesnya saja. Panduan detil bisa kita buat pada halaman terpisah,
namun pastikan pengunjung dapat dengan mudah menemukan menu yang
mengarah ke halaman panduan. Menggunakan gambar biasanya lebih mudah
dimengerti.
Pertanyaan penting yang harus terjawab adalah, bagaimana cara
pengunjung berbelanja di toko online kita? Bisa kah memesan melalui SMS
atau cukup dengan menggunakan shopping cart yang ada? Lebih baik lagi
jika kita juga menyertakan estimasi waktu setiap proses yang ada.
Misalnya, memberi keterangan “Harap menunggu konfirmasi ketersediaan
stok barang paling lambat 1 hari setelah pemesanan kami terima”.
6. Pusat Bantuan
Pengunjung bisa jadi memiliki pertanyaan kepada kita. Pastikan kita
memberitahukan kontak yang berperan sebagai pusat bantuan atau customer
service. Tidak ada patokan standar berapa kontak yang kita sertakan,
yang terpenting adalah kesanggupan kita untuk meresponnya secara cepat.
Pilih kontak yang paling memudahkan kita memberikan respon tercepat.
Misalnya telpon, sms, atau email.
Sebaliknya hindari nomor kontak yang
sering bermasalah. Misalnya, jika Smartphone gampang macet jangan
memberikan BBM atau Whatsapp sebagai kontak. Jangan juga memberikan
kontak terlalu banyak, itu hanya membingungkan pengunjung.
7. Jam Operasional Toko Online Kita
Toko online memang aktif 24 jam, namun jika ada proses yang masih
dilakukan manual sertakan jam operasional kita. Misalnya pukul 09:00 –
20:00 WIB. Berikan juga keterangan bahwa pemesanan di luar jam kerja
akan dilanjutkan pada hari berikutnya. Terkesan sepele namun penting
karena pada kenyataannya masih ditemukan terutama pemilik toko online
kecil yang sering mendapat SMS dari pelangganya tengah malam. Toko
Online yang memberikan contoh baik yang bisa kita tiru.
![contoh jam operasional pada toko online](http://blog.idkeyword.com/wp-content/uploads/2014/10/jam-operasional-toko-online.jpg)
8. Penawaran untuk Pelanggan Baru
Menciptakan pelanggan-pelanggan baru adalah hal yang perlu dilakukan
agar toko online kita berkembang. Salah satu strategi yang sudah banyak
dilakukan toko online besar adalah memberikan penawaran khusus untuk
pelanggan baru. Biasanya berupa diskon atau voucher belanjar. Penawaran
untuk pelanggan baru ini idealnya kita letakkan di homepage toko online.
Lihat lah contoh yang dilakukan Zalora
untuk menarik perhatian calon pelanggannya. Selain menarik perhatian
calon pelanggan baru, kita juga bisa membangun email list dengan cara
ini.
![contoh penawaran untuk pelanggan baru toko online](http://blog.idkeyword.com/wp-content/uploads/2014/10/penawaran-untuk-pelanggan-baru.png)
9. Saran Pelanggan
Pelanggan kecewa karena pelayanan kita yang tidak sesuai dengan
harapan mereka itu wajar. Masalahnya pelanggan butuh tempat mengadu atas
kekecewaanya. Jika keluhan mereka disampaikan melalui social media,
resiko untuk menimbulkan persepsi negatif akan lebih besar.
Solusinya
adalah dengan menyediakan kontak khusus untuk menerima saran pelanggan.
Dengan menyediakannya, kita seolah memberikan tempat mengadu sekaligus
menampung ide untuk perbaikan layanan. Pelanggan kita pun akan merasa
didengarkan. Intinya, win-win solution. Saran pelanggan bisa ditampung
melalui emai, sms, atau form isian pada website. Apapun itu, pastikan
infonya mudah ditemukan oleh pelanggan di homepage kita.
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan telpon ke 0812 2508 9203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm
57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun
jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Lainnya :
Investasi melalui Dot Com
Cara Membuat Akun Paypal
Bisnis Warnet Pemula
Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet
Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing
Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
No comments:
Post a Comment