Sis and Bro kita tahu bahwa sebagian besar toko online di dalam negeri belum sepenuhnya jadi toko
online beneran. Kebanyakannya yang online itu katalognya saja, mereka belum
support kalkulasi ongkos kirim, transaksi dan konfirmasi pembayaran secara
otomatis.
Akhirnya para pemilik toko online mesti melayani order secara manual. Chat satu persatu dengan customer, melelahkan memang. Tapi jika tidak dilayani sayang juga kan.
Parahnya, ketika udah chat panjang lebar sehari semalam suntuk. Calon customer malah menghilang begitu saja, tanpa meninggalkan kabar, apalagi meninggalkan warisan
Pastinya Sis and Bro akan merasa sedih kan?
Tetapi sebenarnya Sis and Bro gak usah sedih, ada tips nih buat menghadapi customer yang suka CLBK (Chat Lama
Beli Kagak)
1. Batasi Penawaran atau Pilihan
Saat
pertama kali chat, mungkin si customer akan bertanya tentang pilihan stok yang Sis and Bro jual. Biasanya mereka meminta dikirim gambar varian warna dan model produk
sejenis.
Katakan kepada CS toko online Sis and Bro untuk mengirimkan 3-5 gambar varian saja. Jangan lebih dari itu.
Karena
jika kebanyakan si customer bukannya milih mana yang mau dibeli malah jadi
bingung. Akhirnya yaa gitu deh.. tak kunjung closing. Customer pun kabur
dan meninggalkan chat terakhir seperti ini "bentar yaa sist.. aku pikirin
dulu" Jiahahahaa
2. Fokuskan Pembicaraan
Saat
berinteraksi melalui chat, upayakan untuk selalu mengakhiri dengan kalimat
tanya yang mengarahkan calon pembeli kepada proses transaksi.
Misal:
Customer: " Sist...Ada Sweater belang-belang?"
Misal:
Customer: " Sist...Ada Sweater belang-belang?"
CS:
"Ada kak, mau warna apa?"
Customer: "Ada warna apa aja stoknya?"
CS:
"Ada hijau, merah, kuning. Mau yang mana kak?"
Customer: "Boleh deh yang hijau"
CS:
"Okee, sweater hijaunya ukuran apa? M,L atau XL?"
Customer: "Aku biasa pake L"
CS:
"Oke yang L yaa, mau dikirim kemana?"
dan
seterusnya...
Hingga pembicaraan CS berakhir pada dialog seperti ini...
"Mau transfer pembayaran kapan kak?" <--- Ini nih proses akhir menuju closing :D
Paham kan?
Kalo
gak paham, ulangi lagi deh bacanya
3. Perlunya Mengingatkan
Setelah
hari pertama chat terakhir, dan CS sudah berhasil mengarahkan customer untuk
transfer pembayaran, namun tak juga melakukannya. CS boleh mengingatkannya
CS
: "Kak, kemarin gak jadi transfer yaa?"
Customer:
"Ooo iyaa sist, kemaren ATM aku hilang dimakan kucing. Hari ini deh saya
transfernya pake ATM tetangga" <--- Ini hanya contoh
4. Bisa Mengingatkan Lagi
Jika
H+2 masih juga belum transfer, CS harus melakukan follow up lagi
CS : "Kak, orderannya masih status pending nih. Tinggal bungkus dan kirim setelah pembayaran"
CS : "Kak, orderannya masih status pending nih. Tinggal bungkus dan kirim setelah pembayaran"
Customer:
"Ooo iya sist, kemarin ATM tetangganya dimakan Hiu di akuarium. Hari ini
yaa aku transfer pake ATM tetangganya tetangga baru aku"
5. Diingatkan atau Abaikan
H+3
adalah hari terakhir Sis and Bro melakukan follow up. Namun customer masih tak kunjung
melakukan transaksi pembayaran. Sebaiknya alihkan fokus Sis and Bro untuk melayani
order baru dari yang lainnya.
Kasih tau kepadanya, bahwa hari ini adalah kesempatan terakhir transfer pembayaran. Jika tidak, persilahkan untuk melakukan order ulang.
Gak usah ngarep, apalagi sampe marah-marah
dan berujung delcont. Tak ada paksaan dalam transaksi jual beli. Pliss deh
jangan baper keleeuusss
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!
===============================================
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Premium Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
=========================================================================
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm
57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Premium Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
=========================================================================
Artikel Lainnya :
Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook
Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik
Kunci Sukses Berjualan Di Instagram
Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru
Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah
Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja
Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet
Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy
Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF
Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email
Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP
Perbedaan Berbagai Web Hosting Server
Cara Membuat Aplikasi Android
Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?
Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Investasi melalui Dot Com
Cara Membuat Akun Paypal
Bisnis Warnet Pemula
Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet
Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing
Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
No comments:
Post a Comment