Sejak
berdiri sampai hari ini, Facebook selalu mengalami perubahan dan terus
memperbaiki semua fiturnya mulai dari interface yang semakin mudah digunakan,
sampai dengan fitur – fitur Facebook Ads yang semakin canggih.
Seperti
yang Sis and Bro ketahui bahwa salah satu sumber income terbesar facebook
sampai saat ini adalah melalui Facebook Advertising-nya. Hal ini tentu membuat
Facebook secara konsisten melakukan pengembangan untuk fitur advertising
tersebut.
Fitur
– fitur advertising terbaru dari facebook, adalah:
Custom Audience
Apabila Sis and Bro memiliki database seperti email dari customer Sis and Bro sebelumnya, maka
dengan menggunakan custom audience yaitu Sis and Bro dapat memasukkan list
email tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja dari
database tersebut yang memiliki akun Facebook.
Sehingga
hal ini memungkinkan Sis and Bro membidik target audience mereka yang ada di
list email Sis and Bro dan aktif di facebook.
Retargeting
Sis
and Bro sebagai advertiser atau pemasang iklan dapat membidik ulang orang –
orang yang telah mengunjungi website Sis and Bro, sehingga setelah mereka
mengunjungi website Sis and Bro dan masuk ke Facebook maka mereka akan melihat
iklan Sis and Bro di facebook.
Fitur
seperti ini dinamakan retargeting. Itu sebabnya Sis and Bro pasti pernah merasa
heran kenapa kok setelah datang ke website A, kok jadi sering lihat iklan
perusahaan A. Itulah fitur Retargeting yang sedang bekerja
Conversion Tracking
Dengan
fitur conversion tracking, Sis and Bro dapat mengetahui berapa banyak jumlah
orang yang membeli produk Sis and Bro dengan cara memasukannya ke keranjang
belanja di website Sis and Bro.
Atau
Sis and Bro mau mengetahui jumlah orang yang mengisi formulir yang telah
disediakan sehingga Sis and Bro tahu seberapa efektif iklan Sis and Bro.
Inilah fungsi fitur Conversion Tracking.
Lookalike Audience
Fitur
terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan
karakter dengan audience lama Sis and Bro.
Jadi
misalkan Sis and Bro sudah memiliki data seperti list email customer dan banyak
fans di page Sis and Bro maka Sis and Bro dapat langsung menciptakan kelompok
target audience baru secara otomatis & menggunakannya sebagai target
audience di iklan baru Sis and Bro.
Jadi
bisa Sis and Bro lihat, apabila Sis and Bro mengerti kegunaan masing-masing
fitur diatas dan strategi optimasinya, Sis and Bro akan mendapatkan calon
customer yang jauh lebih berkualitas di Facebook dan tentu saja membantu Sis
and Bro untuk mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Setelah
iklan Sis and Bro berjalan, biasanya Sis and Bro mulai mendapatkan cukup banyak
orang yang melihat dan merespon iklan Sis and Bro. Pada tahap ini Sis and
Bro harus memahami bagaimana cara agar orang – orang
yang merespon iklan Sis and Bro ini pada
akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Sis and Bro.
Hal
inilah yang dinamakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon customer menjadi
customer loyal Sis
and Bro untuk seterusnya.
Sebagai
contoh, ada seller yang memiliki pengalaman pribadi dimana dia menjual produk
fisik dengan mengandalkan FB Ads sebagai satu – satunya channel marketing.
Pada
awalnya dia senang karena banyak orang yang lihat iklannya, masuk ke BBM / WA
dan bertanya – tanya tentang harga, spek produk dan sebagainya. Tapi berjalan 3
– 5 hari dia malah jadi frustasi karena yang tanya itu banyak (add pin BBM 20 –
30 perhari) tapi kalau bicara penjualan itu nol besar.
Sejak
saat itu dia terus mencari tahu sebenarnya masalah itu terletak di bagian mana
dan ternyata kemampuan dari staf CS yang kita pekerjakan memiliki
pengaruh yang sangat besar terhadap konversi penjualan. Untuk poin yang
satu ini, banyak orang seringkali menganggap enteng. Mereka biasanya berpikir
bahwa dengan hire staf CS untuk membalas setiap pertanyaan dari
customer saja sudah cukup.
Pada
kenyataannya hal itu masih jauh dari cukup kalau Sis and Bro benar – benar ingin mendapatkan penjualan yang luar biasa.
Apalagi ketika kita bandingkan antara online dan offline, ternyata
staf CS untuk mengurus usaha online itu jauh lebih kompleks daripada hire
tenaga CS untuk mengurus usaha offline.
Mengapa
demikian?
Karena
kalau staf CS offline bekerja, kita sebagai pengawas dapat melihat dengan
mata secara langsung kinerjanya di lapangan. Apakah ucapannya sopan, sudah tepat
atau ada yang kurang.
Tapi
kalau staf CS online tiap hari kerjanya adalah chatting di BBM / WA
sehingga lebih sulit memantau apa saja yang ditulis di bbm antara CS kita
dengan calon customer.
Oleh
karena itu, kami mencoba memberikan beberapa tips kepada agar penjualan Sis and Bro lebih optimal, yaitu:
Interview
calon customer service (CS) yang tepat
Ketika
Sis and
Bro interview, pastikan Sis and Bro memperhatikan lokasi tinggal si CS dan jarak tempuh dari
rumah dia ke kantor Sis
and Bro. Stamina yang lemah sangat
mengganggu performa CS Sis
and Bro di kantor seharian.
Background
pendidikan & pengalaman kerja perlu ditanyakan lebih jauh & minta agar
dia mempraktekkan langsung cara melayani customer yang semestinya, untuk
melihat sejauh mana kemampuan si CS.
Lihat
juga kepribadiannya CS, sebaiknya pilih CS yang suka berbicara agar dia tidak
merasa lelah ketika harus banyak handle banyak customer.
Prioritaskan
customer yang tepat
Ketika
customer Sis
and Bro sudah mulai banyak yang bertanya, Sis and Bro harus dapat memprioritaskan calon customer yang tepat
sehingga dapat terjadi penjualan dalam waktu yang lebih cepat, tanpa harus
menambah banyak – banyak CS lagi.
Kuasai
product knowledge
Ini
mutlak harus dikuasai oleh CS Sis and Bro,
oleh karena itu pastikan skill CS Sis and Bro
sesuai & lebih baik lagi kalau memang si CS ada passion dengan produk yang
akan dijualnya.
Inisiatif
& cepat
Respon
yang cepat dan memuaskan akan sangat membantu percepatan penjualan saat ini dan
untuk jangka panjang karena pada dasarnya kita sebagai customer sangat suka
diprioritaskan dan diperhatikan.
Disamping
beberapa tips diatas, Sis
and Bro juga harus memahami bahwa Sis and Bro perlu melakukan testing pada tahap awal beriklan untuk
melihat tipe iklan seperti apa yang ternyata bekerja dengan baik terhadap
target audience kita.
Kebanyakan
orang, mereka menjalankan Facebook Ads secara general targeting dan ketika
berjalan 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan
mengklaim bahwa Facebook tidak efektif untuk channel marketing. Hal
seperti ini tentu tidak tepat apabila Sis and Bro
ingin benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook Ads.
1.
Pahami Karakter Target Audience Sis and Bro
2.
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik
Untuk Target Audience
3.
Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook
Ads Yang Canggih
4.
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang
Tepat
Tentu
saja masing – masing kunci diatas ada banyak detil yang harus dipelajari dan
diperdalam lagi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Dengan terus berlatih dan
berjalannya waktu, Sis and Bro akan mulai mengenali metode yang tepat sasaran dengan
Facebook Ads.
Semoga
dengan adanya artikel ini dapat memberikan Sis and Bro wawasan yang lebih terbuka akan
Facebook Ads, bahwa bukan masalah
Facebook itu channel yang efektif atau tidak efektif untuk beriklan tapi justru
lebih kepada apakah Sis and Bro tahu cara membuat iklan Facebook yang efektif atau
tidak.
“Everything
Can Works When You Know How to Steering It”
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!
===============================================
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Premium Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
=========================================================================
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm
57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Premium Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
=========================================================================
Artikel Lainnya :
Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook
Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik
Kunci Sukses Berjualan Di Instagram
Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru
Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah
Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja
Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet
Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy
Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF
Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email
Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP
Perbedaan Berbagai Web Hosting Server
Cara Membuat Aplikasi Android
Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?
Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Investasi melalui Dot Com
Cara Membuat Akun Paypal
Bisnis Warnet Pemula
Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet
Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing
Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
No comments:
Post a Comment