Kami
yakin bahwa Sis and Bro sudah sering dengar banyak kisah sukses tentang
orang-orang yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan
hanya dengan menggunakan Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook
Marketing. Tapi pertanyaaan besarnya adalah “Apakah Facebook sungguh
powerfull untuk mempromosikan produk Sis and Bro???”
Kami
tidak tahu bagaimana dengan Sis and Bro, memang biasanya sewaktu mulai beriklan
dengan Facebook Ads, semua orang akan memiliki keraguan yang teramat tinggi… bahkan selain
itu bisa sampai memiliki persepsi bahwa Facebook Ads ini hanyalah HYPE &
orang – orang yang ngaku sukses dengan Facebook Ads hanyalah bertujuan untuk
mendapatkan profit semata dengan menjual trainingnya.
Kenapa
banyak orang sampai bisa berpikiran seperti itu?
Karena
sebenarnya sudah banyak orang yang beriklan macam – macam produk dengan
menggunakan Facebook Ads, berjalan 1-2 minggu kemudian tahu apa yang terjadi?
Banyak
dari seller yang mengalami bahwa tidak ada satupun produk yang terjual &
lebih parahnya lagi mereka telah membuang biaya sampai beberapa $ per hari,
bahkan ada yang sudah menghabiskan jutaan, tapi gak ada hasil.
Kalau
Sis and Bro saat ini belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah
beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil yang signifikan, maka Sis and Bro
sudah berada di halaman blog yang tepat karena ada sharing tentang kunci sukses
apa saja (tidak cuma satu, tapi beberapa kunci sukses) yang betul-betul sangat
perlu Sis and Bro perhatikan kalau Sis and Bro ingin mencapai omset yang luar
biasa dengan menggunakan Facebook Ads.
Apa
yang disharingkan ini adalah 100% hasil ujicoba beberapa seller (baik dan
buruknya) menggunakan Facebook Ads untuk usaha online mereka.
Kunci Sukses Facebook Advertising
Berdasarkan
pengalaman beberapa seller selama ini, bisa disimpulkan ada kunci yang benar – benar harus Sis and Bro
kuasai ketika ingin beriklan dengan Facebook Ads.
Tanpa
memahami makna kunci ini, maka diyakini
bahwa Sis and Bro hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa
hasil yang memuaskan
Lalu
apa saja kunci sukses beriklan di
facebook..???
1.
Pahami Karakter Target Audience Sis
and Bro
2.
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik
Untuk Target Audience
3.
Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook
Ads Yang Canggih
4.
Bagaimana Cara Mengkonversi Yang
Tepat
Kami
akan bahas satu persatu agar Sis and Bro mendapatkan penjelasan yang lebih
detail.
Pahami Karakter Target Audience Sis and Bro
Salah
satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target
audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing,
behaviour, dan connection.
·Demography : usia, jenis kelamin
·Geography : lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
·Timing : hari dan jam berapa iklan anda aktif
·Behaviour : pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital
marketer, dsb
·Connection : membidik teman – temannya
dari fans Sis and Bro / tidak membidiknya
Oleh
karena itu, sebelum Sis and Bro mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Sis
and Bro sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Sis
and Bro targetkan.
Apa
yang dimaksud dengan karakter target audience Sis and Bro?
Misalkan:
Sis and Bro ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk
calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan
lokasi workshop Sis and Bro ada di Semarang dan Solo.
Berdasarkan
bisnis Sis and Bro diatas, maka Sis and Bro dapat membuat sebuah deskripsi
tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai
berikut:
- Usia: 25 – 35 thn
- Gender: laki – laki
- Lokasi: Semarang dan Solo
- Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
- Connection: teman – teman nya dari Fans Page Sis and Bro
- Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja
Untuk
dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang
seringkali Sis and Bro harus melakukan riset terlebih dahulu.
Biasanya
yang dilakukan adalah browsing ke website-website kompetitor untuk membaca
konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia
tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan
yang biasanya muncul ketika sedang
melakukan riset target audience adalah:
- Target audience kita itu biasanya tertariknya dengan hal apa saja ya?
- Secara usia dan jenis kelamin, mereka itu seperti apa?
- Website apa saja yang sering mereka kunjungi ketika tertarik dengan produk saya?
- Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat dengan produk yang dijual?
- Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
- Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
- Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap produk ?
Dari
pertanyaan – pertanyaan diatas, Sis and Bro akan mendapatkan gambaran lebih
luas tentang target audience Sis and Bro sehingga ketika memasang iklan, Sis
and Bro dapat membidik jangkauan yang cukup spesifik. Hal ini penting untuk
menghemat biaya beriklan Sis and Bro.
Lalu
pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang dapat Sis and Bro gunakan
untuk melakukan riset terhadap target audience Sis and Bro? Kalau
bisa gratis & handal.
Ada
tool gratis dan handal yang bisa Sis and Bro gunakan untuk mendapatkan
informasi tentang target audience ini yang akan jelaskan berikut ini.
Jadi
ketika ingin mengetahui karakter audience yang ingin dibidik, biasanya bisa
mengamati website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk
yang kita jual.
Misalkan
Sis and Bro ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, seperti susu, botol
susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan seterusnya maka Sis and
Bro perlu cari tahu website lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis
tersebut di online.
Dengan
mengetahui seperti apa orang – orang yang mengunjungi website Bilna.com, maka Sis
and Bro akan mendapat gambaran lebih jelas tentang karakter target audience
yang identik dengan yang akan Sis and Bro bidik.
Salah
satu cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tool yang bernama Google
Display Planner (GDP). Tool ini dapat memberikan gambaran yang lebih
jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website
tertentu.
Walaupun
hasil yang ditampilkan tidak bisa dijadikan pedoman 100% tapi dari sini Anda
sudah dapat gambaran yang lebih spesifik dan bisa Sis and Bro jadikan salah
satu acuan untuk membidik target audience Sis and Bro.
Untuk
lebih jelasnya, kami berikan langkah – langkahnya sebagai berikut:
1.Buka akun
Google Adwords Sis
and Bro di http://Adwords.Google.com
Bagi Sis and Bro yang belum memiliki
akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa
(gratis).
2. Klik menu
“Tools” dan pilih “Display Planner”
3. Masukkan
nama website kompetitor anda di kolom “Your customer are interested in”
4. Pilih
lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” karena cukup
banyak orang Indonesia yang menggunakan settingan Bahasa Inggris di akun google
nya
Setelah
itu Sis and Bro bisa mendapatkan banyak insight atau petunjuk tentang karakter
orang-orang yang mengunjungi website kompetitor Sis and Bro.
Sis
and Bro bisa lihat data – data mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan juga
darimana mereka biasanya mengakses web tersebut, sebagai contoh diatas
kebanyakan adalah pria, usia 18 – 34 tahun dan lebih banyak mengakses via
mobile dibandingkan desktop / PC.
Hal
ini mungkin berbeda dari apa yang sebelumnya Sis and Bro pikirkan dimana kita
biasanya berpikir bahwa yang mengakses website kebutuhan baby pastilah
kebanyakan wanita.
Tapi
dengan melihat data diatas Sis and Bro jadi dapat insight baru ternyata ada
kemungkinan Anda dapat membidik pria juga yang artinya suami – suami dari istri
yang memiliki anak ternyata juga mengakses web tersebut.
Selain
demografi, Anda juga dapat lihat data lainnya seperti website lain apalagi yang
suka dikunjungi oleh orang – orang tersebut (klik menu “placements”) dan
juga topik – topik apa saja yang masih berhubungan dengan website tersebut (klik
menu “topic”).
Memang data diatas tidak 100% dapat dijadikan
pedoman utama karena kalau Anda perhatikan masih ada data – data yang statusnya
“unknown” yaitu ada sejumlah data yang belum didapatkan oleh google,
karena data yang diberikan oleh google ini adalah data yang didapat ketika
seseorang browsing dengan kondisi akun googlenya aktif (login ke gmail).
Salah satu tool yang
dapat Sis and Bro gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.Canva.com. Silahkan Sis and
Bro registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah
disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready.
Sis and Bro sebenarnya ada cara lain yaitu tool online (website based) bernama www.SimilarWeb.com. Sis
and Bro bisa memasukkan salah satu nama website competitor, kemudian tool ini akan memberitahukan Sis and Bro apa
saja nama – nama website lainnya yang identik dengan nama website yang baru
saja Sis and Bro masukkan.
Selain
itu, tool ini dapat menginformasikan interest dari para pengunjung website
tersebut. Disarankan untuk mempraktekkan tool ini untuk mendapat gambaran lebih
jelasnya.
Bagaimana
Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
Memahami
format iklan yang Sis
and Bro buat amatlah penting. Seperti
yang Sis
and Bro ketahui bahwa secara garis
besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama,
yaitu: Teks dan Gambar.
Dua
komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang
lain ketika iklan Sis and Bro tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Sis
and Bro.
Bayangkan
kalau Sis and Bro beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang
bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Sis and Bro tidak dapat
mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Anda akan
sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.
Oleh
karena itu bila Sis and Bro mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar
+ teks), maka iklan Sis and Bro akan dilihat & diklik oleh semakin banyak
orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan
tersebut kalau Sis and Bro bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang
sangat menarik.
Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm
57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Premium Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One
=========================================================================
Artikel Lainnya :
Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook
Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik
Kunci Sukses Berjualan Di Instagram
Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru
Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah
Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja
Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet
Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy
Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF
Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email
Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP
Perbedaan Berbagai Web Hosting Server
Cara Membuat Aplikasi Android
Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?
Cara Mengganti Password Wifi Indihome
Investasi melalui Dot Com
Cara Membuat Akun Paypal
Bisnis Warnet Pemula
Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet
Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing
Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh532uU6QFBRDoxdt33lPnu3rYKtw7-ZpHlAGWgvAkdqu3wn9LBNRR2RdTn_DyjmE7j9yIZCPj3PI2KmXlhEVEPcsSOEfi-DHwISQL0sIBtbN9djYMThcwRDa-EVhyphenhyphenVpr3ym7uGv3FMASU/s200/facebook.png)
No comments:
Post a Comment