Hosting Indonesia

Thursday 4 August 2016

Trik dan Rahasia Berjualan Online Bagi Pemula









Sis and Bro kemarin ada orang bertanya kepada kami, bingung mau memulai jualan online. Sebaiknya jual produk cewe apa cowo? Atau keduanya?

Jawaban kami sederhana, utk awal lebih baik pilih salah satu. Dan antara produk cewe sama cowo keduanya sama bagusnya. Tergantung bagaimana Sis And Bro memposisikan diri sbg penjual.

Sis And Bro wajib tau dulu karakteristik keduanya. Karena keduanya adalah medan perang yg berbeda.

Menurut pengalaman orang yang pernah menjual produk fashion cewek, maka kita bisa mengenali karakteristik konsumen dan produknya.

Berikut ini penjelasan singkatnya:

PRODUK CEWEK

1. Calon customer lebih peka harga
Entah.. mungkin antara naluri keibuan dan efisiensi itu seolah sudah jd satu paket yg tak bs terpisahkan.



Pembeli cewek cenderung suka nawar, mereka lebih rajin melakukan perbandingan hrg sebelum membeli. Beda 1000 rupiah bisa merubah keputusannya.

Tetapi kepekaan harga ini sekaligus sbg keuntungan tersendiri bagi penjual. Karena cewek lebih sering belanja, berbeda dengan cowok. Bagi sebagian cewek belanja atau memiliki barang baru bukan saja utk memenuhi kebutuhan tetapi juga sebagai lifestyle

Saran: Tentukan harga jual yg tepat! Survey dahulu harga pasar. Gunakan juga harga coret, misal mau menjual 50rb, pasang harga 100rb, dan diskonlah 50%. Mata cewek itu sensitif diskon hehe

2. Trend produk cewek cepat berganti

Untuk Sis And Bro yang menggunakan sistem dropship ini gak masalah. Tetapi yang sudah menyetok produk, pasti ini terasa sekali. Stok trend lama belum habis sudah muncul lagi trend baru.

Saran: aktif promosi mingguan, buatlah diskon dengan berbatas waktu. Kalo mau melakukan stock pilih produk yg benar-benar sudah terukur cepat terjual

3. Keuntungan lebih tipis

Karena dua hal diatas, penjual mau tidak mau harus secepat mungkin menghabiskan produk selagi trend masih hangat. Akhirnya menjual degan margin tipis.

Belum lagi karena persaingan harga dan juga menghadapi keuletan konsumen dalam menawar.

Oleh karena itu upayakan kuantitas penjualan. Sedikit tetapi berkali-kali, kan banyak jadinya

Saran: startegi bandrol mesti benar-benar dipakai disini. Misalnya mau menjual harga 100rb, tulislah bandrol 99rb. Kemudian pisahkan antara harga dengan ongkir, agar digit harga produk tidak bengkak.

Satu hal yang perlu diingat bahwa karakteristik pangsa pasar cewek ini adalah untuk segmen menengah kebawah. Kalau segmen menengah keatas itu beda lagi.

Berlaku segitiga terbalik, semakin banyak target marketnya maka margin akan semakin sempit. Dan semakin sedikit target marketnya maka margin akan semakin besar.



Banyak orang terutama pelaku UMKM dan bisnis rumahan mengalami kebingungan ketika akan menentukan harga jual suatu produk. Memasang harga tinggi khawatir terlalu mahal dan tidak ada yang membeli, memasang harga rendah khawatir malah merugi. Memang, memberikan harga yang tepat untuk produk Sis And Bro merupakan hal penting yang harus diperhatikan.



Tapi tidak perlu bingung, saya ajak Sis And Bro untuk memahami terlebih dahulu esensi harga jual dan hal-hal apa saja yang harus tercover didalamnya. 



Pertama, harga jual bukanlah harga pokok produksi. Harga jual adalah harga pokok produksi ditambah biaya-biaya lain yang Sis And Bro perlukan untuk melempar suatu produk ke pembeli. Jadi yang harus tercover didalamnya bukan hanya harga yang dikeluarkan untuk membuat produknya saja.



Setidaknya ada beberapa yang harus Sis And Bro pikirkan

1. Biaya iklan (online, offline)

2. Biaya transportasi

3. Biaya penempatan promosi (website, flyer, pamflet)

4. Biaya sewa gudang

5. Gaji karyawan

6. Biaya operasional



Agar lebih jelas, mari kita simulasikan saja.



Misalnya, untuk membuat satu produk baju, diperlukan biaya Rp 50.000. Dalam satu bulan Sis And Bro bisa memproduksi 100 pcs baju. Maka biaya produksi perbulan adalah Rp 5000.000



Biaya iklan Rp 100.000/bln

Biaya transportasi Rp 500.000/bln

Biaya penempatan promosi Rp 100.000/bln

Biaya sewa gudang Rp 1.000.000/bln

Gaji karyawan Rp 2.800.000/bln

Biaya operasional Rp 500.000/bln



Maka jumlah pengeluaran per bulan adalah Rp 10.000.000



Untuk harga jual per satu produk Rp 10.000.000 dibagi dengan 100pcs = Rp 100.000



Ingat, harga jual diatas belum termasuk profit Sis And Bro untuk pengembangan. Sis And Bro bisa menetapkan minimal 30% dari harga per pcs sebagai keuntungan. Jadi Rp 100.000 x 30% =  Rp 33.300



Jadi, Sis And Bro bisa menetapkan harga jual sebesar Rp 133.300. Ini adalah harga terendah di pasar Sis And Bro. Artinya, Sis And Bro masih aman menjual dengan harga tersebut.



Nah sampai disini saya harap Sis And Bro sudah bisa memahaminya. Jika menginginkan harga jual yang lebih murah lagi, maka opsinya ada dua:

1. Tekan biaya-biaya lain, atau

2. Perbanyak kuantitas produksi


Strategi Label Harga (The Power of 99)



Setelah Sis And Bro menentukan harga terendah, kini saatnya menentukan harga retail. Harga retail tentu saja bukanlah harga terendah. Agar harga terendah itu bisa kita berikan kepada distributor atau reseller, bukan kepada end user.


Dari contoh yang tadi dibahas, Sis And Bro bisa menjual harga kaos untuk retailnya dengan harga Rp 199.000


Disinilah perlunya Sis And Bro menggunakan strategi label harga. Dalam istilah lain di buku-buku sales dan marketing, istilah ini lebih familiar dengan sebutan price category atau kategori harga. Strategi label harga ini sebenarnya untuk memberikan kesan murah atas harga jual kita di pasaran. Inilah yang dimaksud dengan The Power of 99



Mari kita langsung bahas menggunakan contoh.



Harga Baju A Rp 100.000 

Harga Baju B Rp   99.000



Beberapa penelitian telah membuktikan, dari kedua harga diatas calon pembeli menganggap Baju B lebih murah daripada Baju A. 



Padahal jika kita lihat secara seksama, perbedaannya hanyalah seribu rupiah saja. Dan seperti yang Sis And Bro rasakan sendiri, uang koin seribu seringkali Sis And Bro biarkan berceceran di meja dan saku celana Sis And Bro. Bahkan ketika orang-orang sedang berjalan dan menemukan uang koin seribu, belum tentu mereka mau memungutnya. Iya kan?



Tapi semua strategi ini bukan tentang uang seribunya, Melainkan tentang persepsi calon pembeli yang kita harapkan menganggap produk kita lebih murah daripada produk kompetitor.



Mengapa hal ini bisa terjadi?



Calon pembeli yang melihat label Sis And Bro di supermarket akan terhipnotis dan beranggapan harga baju yang Sis And Bro jual adalah 90 ribuan. Mereka tidak memasukkan kategori label harga Sis And Bro kedalam kategori harga 100 ribuan. Padahal 99 ribu lebih dekat kepada 100 ribu. 



Nah sekarang bisa Sis And Bro lihat kan? perbedaannya jadi terkesan 100.000, bukan lagi 1000.

Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!
===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :


Beli Teh Hijau Pucuk Merah Via :
Tokopedia 
Bukalapak


Beli White Tea / Teh Putih Via :
Tokopedia
Bukalapak


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 


=========================================================================

  Artikel Lainnya :  

 

 

Dalam Bisnis Online Rejeki Harus Dijemput

 

Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online

 

Download dan Sekilas Serunya Game Pokemon Go

 

 

 

 

Cara Membuat Foto Profil Bergerak Di Facebook

 

 

Cara membuat Foto Melayang by Levitation Photography Camera

 

 

Bagaimana Cara Menulis Judul Penawaran Penjualan Online

 

 

 

Bisnis Online Hanya Dengan Website Bisakah?

  Pasang Iklan di Medsos atau Mesin Telusur ya?

  

Cara Menggunakan Twitter untuk Toko Online

  Cara Download dan Instal BBM untuk PC atau Laptop


 

Cara Mendapatkan Uang Dari Ziddu

   

 

 

  Bagaimana Cara Kerja Corong Multi-Saluran di Google Analytics

 

Bagaimana Membangun Aset Digital Untuk Bisnis Kita

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Dropship Produk Café Kindoyo

 

 

Beberapa Manfaat Teh Hijau

  

 

Manfaat White Tea (teh putih) Yang Menyehatkan

 

Apa Saja Kebutuhan Konsumen Toko Online

 

  Apa itu Experiental Marketing?

 

 

Seberapa Penting Beriklan di Facebook

 

  Perkembangan Pasar Online di Indonesia

 

 

Fitur Advertising Terbaru Facebook (kunci sukses 2)

 

Kunci Sukses Facebook Advertising (1)

 

Cara Menangani Konsumen Toko Online Dengan Bijaksana


 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

  

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

   

 

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

 

 

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?

No comments:

Post a Comment