Secangkir kopi yang Sis and Bro seduh mungkin hasilnya terlalu pahit atau malah sebaliknya. Bisa jadi kopi Sis and Bro kurang beraroma karena proses penyimpanan yang salah.
Berikut tiga kesalahan terbesar yang sering dilakukan dalam penyeduhan kopi :

Kesalahan 1: Kopi Anda
Tanpa menyarankan Anda untuk membuang-buang kopi, tapi sekantung kopi lebih cepat memburuk dari yang Sis and Bro pikirkan. Musuh terbesar kopi adalah udara dan kelembaban. Ketika kopi telah digiling berarti kopi mulai kehilangan kesegaran.

Itulah mengapa penikmat kopi selalu memilih kopi yang baru digiling, kopi yang baru dibuat dan minuman espresso yang selalu segar. Masalah besar yang sering terjadi bahkan sebelum Sis and Bro menggiling biji kopi yaitu proses penyimpan kopi yang menyebabkan hilangnya oksigen dan kelembaban pada biji kopi.

Cara memperbaikinya:
Pertama, jangan membeli begitu banyak kopi. Sekantung kopi harus digunakan dalam waktu seminggu untuk mendapatkan rasa kopi yang masih segar. Sebaiknya belilah kopi yang masih dalam bentuk biji kemudian menggilingkan biji kopi tersebut dalam jumlah yang lebih kecil. Pastikan Sis and Bro segera menggunakan kopi yang telah digiling, kecuali kopi bubuk yang dikemas dalam kemasan khusus, seperti Kopi Banaran.

Selalu simpan kopi dalam wadah kedap udara pada suhu ruangan dan jangan pernah di dalam lemari es atau freezer. Menyimpan kopi di lemari es atau freezer dapat mengakibatkan kopi mengandung uap air dari kondensasi. Jika Anda harus menyimpan kopi lebih dari dua minggu tanpa digunakan, sebaiknya simpan ke dalam freezer dengan menggunakan wadah kedap udara.

Kesalahan 2: Penggilingan
Cita rasa secangkir kopi yang tersaji tergantung pada bagaimana proses penggilingan biji kopi. Metode penyeduhan yang berbeda membutuhkan penggilingan berbeda.

Hasil proses penyeduhan kopi mengacu pada ektraksi kopi. Itu berarti ketika air melewati kopi, rasa dan aroma kopi tergantung pada proses ekstraksi, baik yang berlebihan atau yang kurang diekstraksi. Jika kopi digiling terlalu kasar, kopi akan lemah dan kurang beraroma. Jika kopi Sis and Bro digiling terlalu halus, kopi akan pahit karena air terlalu lama merendam bubuk kopi ketika diseduh.

Cara memperbaikinya:
Kopi yang terlalu berlebihan diekstrak rasanya jauh lebih buruk daripada kopi yang kurang diekstrak. Penikmat kopi setuju bahwa kopi terbaik adalah kopi yang memiliki cita rasa tebal, kaya dan paling benar untuk mendapatkan rasa kopi yang sesungguhnya. Cita rasa ini sama ketika kopi dibuat menggunakan mesin penggilingan kopi secara tradisional. Jika Anda ragu, sebaiknya selalu giling kopi dalam keadaan kasar.

Kesalahan 3: Proporsi
Jangan mengira-ngira seberapa banyak kopi yang akan Anda masukkan ke dalam mesin pembuat kopi atau yang akan diseduh. Kebanyakan yang terjadi adalah hasil kopi kurang berasa dan beraroma karena proses ektraksi yang masih kurang. Sementara menggunakan bubuk kopi yang terlalu halus akan menghasilkan kopi yang pahit.