Pengguna internet semakin tinggi.
Orang mencari kebutuhannya lewat internet. Infrastruktur e-commerce semakin
tertata. Pembeli potensial semakin terbuka. Perkembangan dunia digital
‘memaksa’ bisnis offline harus hadir secara online.
Bagi pebisnis offline yang baru menjajaki
bisnis online, ada baiknya ulas kembali strategi pemasaran Anda untuk
menghindari kesalahan awal yang kerap dilakukan seperti berikut:
- Tak punya website profesional.
Sebuah website sangat penting bagi
bisnis di ranah online, terutama website profesional. Maksudnya, website yang
domainnya nggak numpang misalnya, www.cateringkita.webly.com. Hal ini terkait
dengan kepercayaan konsumen. Buatlah website dengan domain sendiri, contohnya
www.cateringkita.biz . Mendesain website juga lebih mudah dan tidak mahal
karena banyak situs yang menyediakan jasa pembuatan website yang praktis dan
gratis. Cantumkan logo perusahaan, lokasi, nomor kontak, produk dan hal penting
lainnya agar konsumen bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
- Tidak menggunakan media sosial.
Website saja tak cukup, kini ada
media sosial yang tak boleh dilewatkan. Buatlah akun media sosial seperti
Facebook, Google+, Twitter, Instagram, dll. Di media sosialah tempat pembeli
potensial berbincang dengan orang-orang dekat mereka dan di situlah bisnis bisa
menjangkau mereka. Tapi ingat jangan melakukan hard selling. Berikan mereka
konten-konten yang menghibur dan responlah setiap posting-an mereka, lalu
perlahan masuk ke dalam percakapan.
- Tak menerapkan SEO dasar.
Search Engine Optimization atau SEO
adalah sebuah praktik untuk meningkatkan ranking website kita di hasil
pencarian mesin Google. Semakin tinggi ranking website bisnis kita, semakin
besar potensi bisnis kita dilihat oleh pembeli potensial. Setidaknya perbarui
konten secara berkala, lengkapi judul konten dengan kata kunci yang tepat dan
isi meta description.
- Tidak beriklan.
Dalam berbisnis, tetap saja perlu
kegiatan sales marketing. Jika di dunia offline getol iklan, maka lakukan hal
serupa di online. Dunia online menyediakan tempat untuk beriklan semisal
website iklan baris, Facebook Ads dan Google Adwords. Ada juga iklan di forum
semisal kaskus. Ada juga iklan di website portal, seperti di balebengong.net.
Terbukalah untuk iklan.
- Tidak merespon ulasan online.
Ulasan online berperan besar dalam
keputusan pembelian para online shoppers. Tidak merespon ulasan online hanya
akan membuat pembeli potensial berpikir bisnis kita tak peduli dengan
konsumennya dan tentu saja potential buyer akan lari ke kompetitor. Jika
mendapat ulasan positif, responlah dengan ucapan terima kasih. Jika dapat ulasa
negatif, mintalah maaf dan tawarkan solusi.
- Tidak cepat merespon email.
Pembeli potensial suka untuk
membandingkan harga dari website satu dan website lain. Namun ada cara agar
pembeli potensial itu langsung melupakan kompetitor lain, yaitu balas dengan
cepat. Lengkapi smartphone Anda dengan fasilitas email agar bisa langsung cepat
membalas secara mobile. Ketika terjadi komunikasi bisnis secara cepat maka
peluang closing sales akan besar. Siapa cepat, dia dapat.
- Menggunakan email gratisan.
Dengan menggunakan email gratisan
untuk bisnis, pencitraannya sudah menurun dikarenakan banyak digunakan untuk
spamming, email-email yang menawarkan jasa atau produk yang nota bene
kebanyakan digunakan perorangan. Untuk itulah, sangat disarankan bagi anda
pemilik bisnis, baik bisnis kecil maupun menengah untuk memulai menggunakan
email bisnis (email perusahaan) dengan nama domain perusahaan.
===========================================
Silahkan belanja produk kami :
===========================================
Silahkan belanja produk kami :
No comments:
Post a Comment