Hosting Indonesia

Wednesday 17 June 2015

Door to Door Marketing via Dunia Online



Pernahkah Anda didatangi oleh seseorang yang rapi berdasi menenteng tas dan ketok pintu kantor? Setelah dipersilahkan, dia akan presentasi dan mengeluarkan produknya. Itulah marketer door to door alias dari pintu ke pintu.

Di dunia internet, Anda bisa seperti itu namun tanpa harus capek jalan kaki. Anda cukup duduk didepan laptop dan ditemani remahan kue plus kopi, berselancar melakukan marketing door to door.


Marketing Door to Door menggunakan Email.

Anda bisa mengumpulkan alamat email yang valid melalui buku Yellow Pages dan tabloid lain semisal Info Pedas, Bali Advertiser, The Beat, dan lain sebagainya. Silakan berkirim email secara personal kepada mereka. Sebutkan nama calon pelanggan. Jika belum tahu maka sebutkan saja jabatannya, semisal GM atau Direktur perusahaan. Perkenalkan diri Anda dan usaha Anda. Sertakan pula attachment yang berisi profil usaha Anda, biasanya menggunakan file PDF.


Jika Anda merasa capek berkirim email satu persatu, silakan mempergunakan software atau program email massal (newsletter program). Anda bisa download gratis atau berbayar program itu di internet. Bisa juga berkirim banyak email namun harap ingat untuk mencantumkan alamat-alamat email itu di kolom BCC dan jangan melebihi dari 20 alamat email. Berikan jeda 15 – 30 menit untuk kemudian berkirim email masal kembali. Dikawatirkan kalau terlalu sering, pihak email akan cap Anda sebagai spammer.


Marketing Door to Door menggunakan Media Sosial (Facebook, Twitter, Instagram)

Hashtags/tagar (#) seringkali digunakan oleh penduduk media sosial untuk memberikan label khusus terhadap topik tertentu. Keberadaan # bisa kita manfaatkan untuk mencari calon pelanggan potensial. Ingat bahwa media sosial semisal Facebook dan Twitter mempunyai fasilitas pencarian.


Pergunakanlah fasilitas pencarian itu untuk mencari masalah yang berkaitan dengan produk Anda. Semisal Anda penjual obat anti jerawat, coba cari dengan tagar #jerawat dan hasil pencarian akan memperlihatkan orang-orang dengan bermacam ekspresi menggunakan tagar tersebut. Mereka adalah calon potensial pelanggan Anda. Segeralah inbox (message) mereka secara personal (pengguna FB), mention mereka (pengguna Twitter), dan kasih komentar ke mereka (pengguna Instagram).


Silakan menggunakan masalah kehidupan yang biasanya dihadapi oleh penduduk media sosial. Hadirlah sebagai pemberi solusi, yaitu perkenalkan produk Anda. Satu contoh lagi untuk Anda penjual ISP (penyedia internet). Silakan cari dengan tagar #lelet maka muncul banyak keluhan orang terhadap kualitas internet yang mereka alami. Segeralah hadir atasi masalah mereka.


Anda hadir di akun media sosial sebagai pribadi/personal yang mempunyai banyak teman sosial disekitarnya. Jangan menggunakan akun pribadi Anda sebagai agen pemasaran. Daftarlah akun baru yang sesuai dengan nama usaha atau nama produk Anda. Akun khusus pemasaran ini akan lebih leluasa kontak dengan orang lain.


Strategi dalam memberikan konten komunikasi juga penting. Ketika Anda sebagai agen pemasaran ingin update status, aturlah isi konten yang menarik bagi teman atau pengikut Anda. Jangan melulu melakukan aksi jual (hard selling). Berikanlah konten motivasi dan konten edukasi agar status Anda menarik dibaca jaringan Anda. Kemudian data gambar lebih menarik dilihat dan dibaca daripada data teks saja. Jadi berikan gambar-gambar yang menari. Selamat mencoba.

===============================================
Silahkan belanja produk kami :

Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 31.000 per bag

Kopi Banaran Premium Rp. 27.000,- per bag

Kopi Banaran Original 250 gram Rp. 26.000

Kopi Banaran Original 100 gram Rp. 14.000

Arabica Roasted Bean Rp. 78.000 per kg

(Hub.081 225 089 203 via sms atau whatsapp dan bbm di 57038980)

No comments:

Post a Comment