Anda suka
menonton video secara online?. Dimana biasanya menonton video itu? Mayoritas
jawabannya adalah Youtube. Siapa yang tidak kenal Youtube? Situs
ini memang menjadi andalan bagi mereka yang menyuguhkan konten video.
Bagaimana
dengan penyedia konten video lainnya? Ada juga Vimeo, terbaru adalah Instagram
namun ternyata konten video yang terintegrasi dengan fasilitas jejaring sosial
adalah Facebook.
Hal yang
mengejutkan adalah Facebook saat ini menantang Youtube untuk dominasi konten
video. Menurut survey Socialbakers, perusahaan penyedia analitik media sosial,
pengguna Facebook menunjukkan peningkatan sangat aktif dalam mengunggah dan
menyebarkan konten video secara viral.
Ini merupakan
masalah besar bagi Youtube, mereka bisa kehilangan banyak presentasi distribusi
pengunggah dan penikmat konten video. Sementara untuk Facebook, hal ini
merupakan nilai plus. Dengan meningkatnya jumlah konten video dan interaksi
yang terjadi didalamnya maka Facebook akan semakin digemari.
Pada September
2014 Facebook mengatakan bahwa pihaknya melayani hingga 1 milyar video per
hari. Mereka juga mengatakan bahwa dalam rentang antara Mei dan Juli,
pertumbuhan video di Facebook melonjak hingga 50% jadi sangat berpotensi.
Michael
Stelzner, pendiri SocialMediaExaminer.com menjelaskan tentang kekuatan dari
Facebook bahwa banyak orang menghabiskan waktu dalam Facebook. Menurut Alexa,
perusahaan penyedia informasi rangking kunjungan (traffic ranking), Facebook
adalah website terbesar kedua dengan lebih dari 500 juta pengguna. Facebook
juga menjadi nomor dua terbesar sebagai penyedia referensi konten video setelah
Youtube.
Secara bisnis,
kehadiran fasilitas konten video di Facebook adalah potensi. Pengguna facebook
selalu mencari tahu berita terbaru dari teman-temannya dan begitu pula dengan
merk favoritnya. Hal ini bisa jadi celah positif bagi marketer untuk
menyisipkan konten video dalam setiap status nya sehingga terlihat oleh
jejaringnya dan memancing banyak interaksi.
Bagi para
marketer, kehadiran fenomena maraknya penggunaan konten video di Facebook
adalah adanya banyak potensi. Kenapa menggunggah video di Facebook begitu
penting? Ini beberapa alasannya:
- Kebanyakan orang berjejaring sosial lebih suka habiskan waktu di Facebook daripada di Youtube.
- Video di Facebook bisa dinikmati menggunakan smartphone ataupun browser laptop. Hal ini sama halnya di Youtube.
- Sangat mudah memancing interaksi pengguna Facebook lainnya. Mereka bisa langsung komentar.
- Pemilik konten video bisa melakukan Tagging ke teman-teman yang diinginkan sehingga akan muncul di timeline nya teman-teman tersebut.
- Pengguna Facebook bisa membagikan (share) konten video itu melalui timeline nya dan terlihat oleh jaringannya. Terbuka terjadinya efek komunikasi viral.
- Ketika pengguna Facebook klik like/suka video itu maka secara otomatis akan tampil di newsfeed nya. Hal ini akan diketahui oleh jaringan pertemanannya. Terbuka terjadinya efek komunikasi viral.
- Konten video di Facebook akan muncul di Google Search, sehingga peluang penyebarannya lebih banyak.
- Konten video Facebook bisa dipasang/ditempelkan ke dalam website / blog. Fungsi ini hampir sama seperti milik Youtube.
Silahkan belanja produk kami :
No comments:
Post a Comment