Sis
and Bro, sudah sewajarnya kalau kita bicara tentang social media, maka pikiran kita akan
tertambat pada Facebook, Twitter, LinkedIn, Youtube, Google+ dan Foursquare.
Keenam website sosial media itu yang sementara ini cukup populer, meski ada
media lain seperti Pinterest, MySpace, Flickr, Instagram, Tagged, dll.
Walaupun sebenarnya yang namanya sosial media adalah tempat interaksi sosial
secara online dimana kita bisa bertemu dan interaksi dengan teman, kolega,
pelanggan dan bahkan jadi media bertemunya pertemanan baru.
Namun lain halnya jika
kita berpikir tentang marketing, maka yang namanya sosial
media akan berubah menjadi tempat prospektif untuk publikasi, membangun merk
(branding) dan bisa untuk media berjualan. Tentunya kita harus santun dan
bijaksana memanfaatkan sosial media
tersebut. Jangan hanya melulu jualan disana.
Apabila kita sudah memiliki sebuah bisnis, tentunya kita harus mempunyai media untuk dapat menjelaskan secara rinci
produk-produk perusahaan. Meski tidak harus produk, media ini bisa digunakan
untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan produk perusahaan. Media ini
lebih tepatnya dinamakan website log atau Blog. Media bernama blog cocok untuk
publikasi secara berkala tentang sepak terjang perusahaan di masyarakat.
Dalam
kaitannya dengan publikasi, branding dan berjualan, relasi antara sosial media dan blog adalah :
1.
Blog adalah media untuk menulis.
Blog
adalah bagian lain/mempunyai alamat lain dari website utama kita. Misal kita
bisa buat alamat blog di http://blog.namaperusahaan.com. Berikan link dari
website utama ke alamat blog tersebut. Begitupula sebaliknya. Kita bisa menulis
tentang produk dan informasi lainnya yang saling berkaitan menggunakan
teknologi Blog. Dengan menulis dan mentautkan ke kategorisasi nya maka
informasi akan muncul secara live online.
2.
Social media tempat mentautkan tulisan di Blog.
Setelah
menulis, kita bisa mentautkan alamat/URL informasi di blog melalui status dalam
social media. Tentunya diawali dengan kalimat-kalimat menarik agar jaringan
pertemanan kita mau untuk klik tautan blog tersebut.
3.
Pembaca bisa menyebarkan tulisan melalui sosial media.
Jaringan
pertemanan mengetahui bahwa Anda barusan membuat status yang berisi tautan ke
blog perusahaan. Ada potensi untuk diklik dan membaca nya langsung ke halaman
blog Anda. Berikan pula di halaman tulisan itu fasilitas berbagi/share, misal
fasilitas ikon FB, Twitter, Google+, dll agar pembaca tadi bisa membagikan
informasi itu di jaringan pertemanannya. Akan berdampak publikasi viral.
4.
Visitor bertambah.
Ketika
banyak pembaca dari jaringan pertemanan Anda dan pertemanan lainnya, maka
pengunjung blog tersebut semakin bertambah. Ini adalah potensi untuk memberi
rangsangan marketing lain, misal menempatkan banner produk Anda pada tulisan
tersebut.
5.
Potensi popularitas dan penjualan.
Semakin
banyak pengunjung ke blog Anda maka terbuka peluang untuk semakin populer.
Begitupula mesin pencari semisal Google suka berkunjung ke blog Anda yang
sering diupdate, berpotensi cepat muncul disana. Manfaatkan popularitas ini
secara bijaksana untuk menjual produk Anda.
Untuk bisa mempunyai blog, Anda bisa beli domain name dan web
hosting nya terlebih dahulu. Kemudian didalamnya diinstal program
blog seperti WordPress. Caranya instalasinya sangat mudah. Berikut cara install WordPress.=========================================================================
Silahkan belanja produk kami :
Kopi Banaran Gold Classic Blend Rp. 31.000 per bag
Kopi Banaran Premium Rp. 27.000,- per bag
Kopi Banaran Original 250 gram Rp. 26.000
Kopi Banaran Original 100 gram Rp. 14.000
Arabica Roasted Bean Rp. 78.000 per kg
(Hub.081 225 089 203 via sms atau whatsapp dan bbm di 57038980)=================================================================================
Baca Juga :
No comments:
Post a Comment