Hosting Indonesia

Wednesday 12 August 2015

Bagaimana memulai bisnis toko online dengan Dropship




Sis and Bro pada awalnya kita riset pasar, singkat cerita kita melihat sebuah kebutuhan akan sebuah produk . Kemudian kita coba riset produk, supaya tidak ribet kita memakai sistim reseller/dropship dengan maksud :


1.Sebelum kita berjualan sendiri kita harus mengetahui bagaimana model produk yang disukai oleh pembeli itu dengan cara dropship/reseller

2.Sebenarnya dengan dropship kita bisa menguji harga jual dari kompetitor, apakah kemahalan/kemurahan/sesuai tidak dengan barangnya.

3.Jadi dengan dropship kita bisa mengetahui karakteristik buyer kita baik itu dari demografi, jumlah uang rata-rata yang dibelanjakan, dll.

4.Pada intinya dengan dropship, kita bisa mengetahui masalah di lapangan yang biasa terjadi (misalnya komplain kualitas barang komplain foto tidak sama dengan aslinya, dll.) dan juga mengetahui bagaimana solusi terbaiknya


So..pada intinya hanya dengan dropship kita bisa menghemat cost untuk mendapatkan data riset produk yang akan kita jual online. Karena dropship itu awal memulai, tujuan akhirnya jualan produk sendiri.

Itulah tujuan kita ketika melakukan peran sebagai dropship karena kita selalu meyakini bahwa tujuan akhir itu adalah mempunyai sebuah toko online (produk) sendiri, jadi di titik tertentu bukan hanya mengurusi produk milik orang lain.


Kemudian bagaimana kita memulainya?

Jika Sis and Bro memutuskan menjalankan sistim dropship, silahkan Sis and Bro menjadi user/pembeli dari supplier/calon partner bisnis Sis and Bro dahulu, kenapa?


1.Kemungkinan pembeli akan meningkat dua kali lipat ketika mereka mengetahui bahwa Sis and Bro juga user karena ketika Sis and Bro menjelaskan bobotnya pasti berbeda dengan mereka yang hanya jualan saja.

2.Dengan menjadi user, paling tidak Sis and Bro bisa mengerti pelayanan dari “calon partner” yang ingin Sis and Bro bantu jualkan produknya, karena seberapa banyak Sis and Bro yang sudah menjadi dropshipper yang malah dimarah-marahi pembeli Sis and Bro karena produknya jelek/tidak sesuai dengan foto, rusak. Terlambat pengirimannya dll.

3.Belum lagi jika ditengah jalan, partner kita itu curang dengan melakukan sabotase customer (tidak menyertakan nama website kita, hanya tertera nama website/toko dari pihak supplier)

4.Jadi penting sekali sebelum Sis and Bro menjual ini dan itu (sebagai reseller/dropshipper), Sis and Bro terlebih dahulu membeli ‘/ menggunakan produknya sehingga Sis and Bro bisa memutuskan apakah online shop tersebut layak Sis and Bro jadikan partner atau tidak.

5.Sampaikan hak-hak Sis and Bro sebagai dropship (misalnya harus mencantumkan nama/alamat situs Sis and Bro, dst) dan minta personal garansi dari partner Sis and Bro (ini penting), karena biasanya jika partner Sis and Bro professional dan telah memiliki banyak customer dan juga partner reseller/agen/dropshipper, mereka mengerti aturan main seperti itu. Kalau didunia offline namanya personal garansi, kita bayar gratis jika tidak mendapat struk pembayaran dst.

Jika partner Sis and Bro adalah pebisnis/minimal mempunyai kredibilitas dan ingin terus menjalin hubungan dengan banyak orang, dia mengerti apa itu arti personal garansi dan pasti akan memberikan kepada Sis and Bro.

6.Apakah harus ribet dengan surat pernyataan, dan sejenisnya?

Tidak perlu seribet itu, toh kita kjuga belum ada performa-kan. Kalau belum terbukti bisa menjual, terus ribet minta ini itu, partner/supplier kita pun biasanya sulit mengabulkan semua permintaan kita.

Terkecuali jika kita rutin mulai menjual produk dropship dalam jumlah lumayan dan intensitas sering, kita bisa minta personal garansi untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan secara tertulis (via email/fax), sehingga suatu hari kita bisa gunakan itu ketika partner kita curang.



Idealnya ketika menjadi reseller/dropship, jangan menjual 1 produk sama yang berasal dari satu situs saja.



Ketika kita ,mengambil dropship, biasanya kita menawar dan kita diberi harga diluar harga retail, misalnya harga retail dari supplier itu Rp. 50.000 dan kita bisa mendapatkan harga Rp. 40.000 dan kita menjual disitus kita juga sama yaitu Rp. 50.000. Jadi misalnya suatu hari customer kita melihat produk di online shop supplier (karena foto produknya sama) dia akan berpikir, ah harganya sama kok atau kalau lebih mahal sedikit tidak masalah.


Cukup Sekian, salam hangat Kopi Banaran…!
========================================================================
Nah sudah dapat ilmunya sebagai ungkapan terima kasih silahkan Sis and Bro membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini melalui telpon no. 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak





https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak




https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original

Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak




https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean


Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak

=================================================================================
Artikel Terkait :

Teknik Dan Strategi Penjualan EBOOK

No comments:

Post a Comment