Sis and Bro kalau kita lihat di beberapa
toko online mendesain website mereka
dengan terlalu berlebihan. Sebagai contoh ada beberapa toko online yang menggunakan
animasi flash sehingga dapat memperlambat web browser calon pembeli, bahkan ada
yang memberikan desain dengan warna yang terlalu dekoratif yang sebenarnya kurang
disukai oleh pengunjung.
Harus kita cermati bahwa sebenarnya terdapat
banyak kasus dimana para web designer mengabaikan pentingnya useability,
walaupun kita akui bahwa terlihat elemen yang kreatif tampak menarik dan sangat
atraktif dari sisi desain, tetapi kalau kita lihat sebenarnya hal ini akan
menjadi sangat merugikan bagi para pengunjung website untuk mencoba
mengklik produk atau melakukan checkout. Sis and Bro sebaiknya perlu
melakukan beberapa percobaan yang dapat membantu memperoleh perspektif yang
benar untuk memperoleh hasil yang optimal.
Kami mempunyai beberapa tips yang
dapat meningkatkan pengunjung website dan sekaligus pembelian
terhadap produk
yang anda jual dengan beberapa teknik yang cukup simple dan sederhana.
Pastikan Shopping Cart
kita kelihatan jelas
Jadi Sis and Bro apabila Pembeli
menambahkan item produk ke keranjang belanja/cart,
mereka ingin mendapat kepastian bahwa item tersebut telah tercatat.
Oleh sebab itu maka, pastikan selalu
terdapat informasi yang jelas tentang item produk Pembeli yang telah dibeli,
serta petunjuk mengenai produk untuk checkout.
So, dengan data checkout
yang jelas akan membantu mempermudah proses transisi dari berbelanja ke checkout.
Dimanapun posisi Pembeli berbelanja, penting untuk tetap menampilkan link ke
halaman checkout.
Dengan kata lain mungkin Sis and Bro
dapat membuatnya lebih jelas dengan memberi warna yang lebih kontras pada
bagian informasi item produk dan link checkout agar mudah
dikenali.
Maksimalkan Fungsi tombol "Add to
Cart"
Pada umumnya pengunjung website dan
Pembeli
merespon secara berbeda pada tombol dan kata-katanya. Sebagai contoh apabila
tombol "Add to Cart" anda tertulis "more details" atau
"learn more" maka ini akan memberikan reaksi berbeda pada reaksi Pembeli.
Perlu diingat bahwa tombol "Add
to Cart" atau "Buy Now" adalah tombol aksi yang spesifik dan
akan memperoleh respon positif dari pembeli.
Untuk itu maka jangan lupa bahwa warna
juga penting dalam elemen desain. Sesuai dengan tipe bisnisnya, beberapa warna
tertentu dapat memicu perilaku yang berbeda pada
pengunjung website anda.
Biru dan hijau adalah warna yang ramah
yang umumnya akan dituruti oleh pengunjung, berbeda dengan jingga atau merah
yang terkesan mengurangi performa tombol "add to cart", namun hal ini
kembali lagi disesuaikan dengan konsep penjualan dan ciri
bisnis anda. Menggunakan warna yang sesuai dengan website anda akan
lebih efektif dalam memicu aksi pengunjung.
Buatlah ringkas fungsi pencarian
dengan "Auto-Complete"
Didalam sebuah sebuah website e-commerce,
yang namanya kotak pencarian adalah fitur sangat penting untuk pengunjung dalam
mengakses produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Lebih dari 20% pengunjung lebih suka menggunakan fitur pencarian secara
langsung daripada mengikuti navigasi berdasarkan kategori produk.
Hal yang perlu kita waspadai bahwa,
pencarian dapat menghasilkan data lebih dari yang kita inginkan atau hasil yang
keliru apabila pengunjung tidak menggunakan kata kunci yang tepat, penggunaan
fungsi 'autocomplete' pada kotak pencarian dapat memberikan hasil yang paling
mendekati sesuai dengan kata kunci yang diketik oleh Pembeli.
Buat navigasi
URL website kita sejelas mungkin
Jadi apabila Sis and Bro memiliki
terlalu banyak kategori, ini merupakan pekerjaan yang sulit. Tetapi, dengan
submenu yang tampil pada saat mouse-over dapat menjadi cara yang efektif untuk
mengakses kategori dengan lebih mudah.
Untuk itu jangan terlalu berpatokan
pada artistik tampilan kategori dan elemen navigasi, Pembeli
akan berterima kasih dengan cara membeli produk anda apabila anda
membuatnya lebih praktis.
Sis and Bro dapat gunakan "bread
crumb" agar Pembeli dapat melacak jalan kembali ke
halaman sebelumnya, sehingga proses belanja lebih lancar. Buat path diantara
kategori dan subkategori. Karena terkadang Pembeli setelah membeli produk
mereka ingin kembali berbelanja produk lainnya.
Buatlah Pembeli dapat mengontrol proses belanja
mereka
Kita harus menyadari bahwa semua Pembeli
adalah unik, dan mereka memiliki kesenangan belanja masing-masing. Menyediakan
perangkat untuk konsuman dapat menjelajah kategori dan produk
di web Sis and Bro akan meningkatkan pembelian.
Pastikan Sis and Bro menyertakan
kemampuan untuk mengurutkan produk berdasarkan harga, review produk,
best seller dan tanggal rilis atau pilihan untuk menampilkan jumlah produk
/ item per halaman sehingga pengunjung dapat memilih lebih spesifik produk
yang mereka inginkan.
Menyediakan preview produk
secara singkat
Pengunjung yang mencari produk
secara online mungkin menginginkan dapat menjelajah halaman kategori dan
menemukan produk yang mereka inginkan secara cepat.
Dikarenakan oleh lambatnya kecepatan
loading atau berbagai proses, meng-klik masing-masing produk
secara terpisah akan memakan waktu dan menjemukan sehingga dihindari oleh
pengunjung.
Dengan menambahkan preview cepat pada
kategori dan pencarian produk akan membuat Pembeli lebih nyaman dalam
memilih sebelum melihat detail produk secara lebih lengkap.
Tampilkan halaman produk anda
dengan bersih
Pengelompokan pada halaman produk anda
adalah elemen penting untuk dapat memastikan Pembeli memperoleh informasi yang
menyenangkan mereka.
Mungkin anda bisa memikirkan bagaimana
menampilkan review Pembeli pada samping halaman produk. Review
produk merupakan bagian penting yang dapat meningkatkan kepercayaan Pembeli,
namun hal ini tidak harus menjadi bagian pertama yang dilihat Pembeli.
Beberapa elemen yang ditambahkan dapat membuat proses pengelompokan yang
kompleks dan dapat membingungkan mata pengunjung.
Elemen pertama tentunya adalah foto.
Pengunjung ingin melihat dengan jelas apa yang mereka dapatkan dengan membayar.
Kemudian adalah nama produk, deskripsi dan harga. Anda dapat tempatkan review Pembeli dan
link seperti similar product di bagian bawah halaman.
Tampilkan dengan jelas ketersediaan produk
anda
Untuk toko online yang sibut, stok produk
seringkali berubah. Saat pengunjung meluangkan waktu membandingkan produk,
mencari produk dengan harga yang tepat dan membeli produk
tersebut, maka akan sangat mengecewakan apabila kenyataan bahwa produk
tersebut telah habis terjual/out of stock, hal ini akan menyebabkan hilangnya
pembeli.
Hindari kekecewaan dari Pembeli dengan
memberikan informasi secara real-time stok produk anda serta
informasi ketersediaan produk anda di halaman detail produk.
Tampilkan variasi produk
secara intuitif
Banyak industri yang dalam proses
pemesanannya mengikutsertakan pemilihan beberapa variasi dari produk utamanya.
Untuk item yang mungkin memerlukan pilihan ukuran, warna, pastikan tampil
dengan jelas. Termasuk perbedaan kombinasi warna.
Gunakan pilihan warna dalam bentuk
gambar yang mewakili seperti tabel warna, tabel ukuran dan tambahan elemen
seperti drop-down atau radio-button.
Hilangkan hal yang dapat membingungkan
pada proses checkout
Saat konsumem melakukan proses checkout,
anda ingin mereka pergi pada alur yang jelas. Saat mendesain, hilangkan item
seperti navigasi sidebar agar proses tetap terkonsentrasi pada checkout.
Abaikan dulu promosi penjualan anda.
Setiap detik pada halaman checkout sangat berharga untuk dapat
memastikan bahwa pembelian akan terjadi.
Satu halaman checkout
akan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembelian. Sederhanakan proses checkout
akan membuat pembeli lebih mudah dalam berbelanja sampai selesai. Satu halaman
saja dan Pembeli dapat mengisi shipping, billing dan
informasi lainnya.
Dengan membuat halaman checkout juga merupakan cara yang baik
untuk membuat Pembeli datang dan berbelanja kembali.
Ingat, proses belanja yang mudah akan selalu ada dalam ingatan Pembeli
dan mereka akan kembali berbelanja di website anda.
Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!
Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!
=================================================================
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm
57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun
jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Terkait :
=========================================================================
Artikel Terkait :
No comments:
Post a Comment