Hosting Indonesia

Friday 9 October 2015

Bagaimana memahami SEO bagi Blogger Pemula



Sis and Bro seperti yang kita pahami bersama bahwa didalam SEO ada istilah Do / Don't yang artinya anjuran dan larangan. Dengan kata lain, selain terdapat panduan SEO tentunya juga ada larangan SEO.

Inti permasalahannya adalah banyak dari blogger pemula yang sering kali hanya belajar panduan SEO saja dan seolah tak acuh (atau mungkin tak tahu) dengan larangan yang ada dalam SEO, jadi banyak dari mereka yang tak sadar bahwa dirinya telah melakukan kesalahan fatal SEO yang pada akhirnya mengakibatkan ranking blog tidak kunjung naik.

baca juga : Apa Strategi SEO dari Pesaing Kita

Untuk itu melalui artikel inilah kami ingin mencoba membantu untuk menginformasikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam SEO blog yang sering dilakukan oleh blogger (khususnya blogger pemula) dan akan kami berikan pula tips seo blog yang baik dan benar untuk dilakukan.

Domain

Yang haris kita pahami bersama yaitu bahwa nama domain memegang peranan penting dalam suatu blog yaitu sebagai ciri khas suatu blog karena pada dasarnya hampir mustahil ada orang yang membeli nama domain yang sudah dipesan orang lain.

Pada kenyataanya masih banyak yang salah beranggapan tentang nama domain dan berikut beberapa contoh kesahalan dalam pehaman antara korelasi nama domain dan SEO Blog.


bacaan terkait : Bagaimana Mengelola Pelanggan/Calon Pelanggan Online Secara Maksimal

Mengandalkan Keyword on Domain (KOD)

Keyword on Domain (KOD) adalah penamaan domain dengan kata kunci (keyword) yang sedang ditargetkan.

Contoh pengimplementasikan KOD adalah ketika kami ingin me-ranking keyword 'tiket pesawat' lalu saya memilih nama domain (misalnya) dengan nama 'berjualantiketpesawat.com'

Dalam nama domain tersebut terdapat keyword 'tiket pesawat' artinya domain 'berjualantiketpesawat.com' termasuk dalam KOD. Padahal kalau kita telusuri lebih lanjut, seberapa pentingkah Keyword On Domain atau biasa disebut juga Keyword Rich Domain dalam SEO ? sejauh yang kami tahu pada saat sekarang ini, KOD sudah tidak relevan lagi dengan SEO artinya KOD tidak lagi termasuk dalam Ranking Factor.


baca juga yang ini : Strategi Pemasaran Toko Online Bagi Pemula





Kenapa kami berani mengatakan demikian adalah karena didasarkan atas pernyataan dari Duane Forrester selaku Microsoft Bing’s Senior Product Manager, dalam artikelnya yang berjudul Domain Name Importance in Ranking yang menjelaskan bahwa Keyword on Domain (KOD) hanyalah Mitos SEO dan kini bukan lagi sebagai ranking dalam SEO, tapi mungkin bisa jadi 10 tahun yang lalu hal tersebut (KOD) adalah sebuah Fakta.

Untuk itu masihkah Sis and Bro mengandalkan untuk memilih nama domain yang mengandung keyword ?

Saran kami adalah : Didalam memilih nama domain, pertimbangkan untuk menggunakan nama brand atau nama domain yang mudah diingat, Anda pasti tahu traveloka ? ya, situs booking tiket pesawat dan hotel. Apa Anda menemukan keyword 'tiket peswat' / 'booking hotel' pada nama domain tersebut ? tidak bukan. Namun faktanya, domain tersebut mampu mendapatkan ranking 1 tanpa perlu KOD dan justru domain yang mengandung KOD malah berada di urutan antah brantah.

Memasang Tanda Penghubung

Sis and Bro seringkali blogger pemula memilih untuk menggunakan tanda penghubung (-) dalam menamai domain yang mereka beli, misal nama domainnya adalah belajar_internet_blogspot, maka mereka menggunakan tanda penghubung (belajar-internet-blogspot.com) dengan tujuan untuk memudahkan pembaca dalam membaca ataupun mengingat nama domain tersebut.

bacaan lain : Apa toko online terpercaya di Internet?

Setelah dipelajari lebih dalam ternyata tanda penghubung hanya akan membuat pemisah antar keyword, informasi tersebut saya dapatkan ketika membaca artikel dari Matt Cutt, yaitu misal domain Anda mengandung 3 kata kunci seperti yang kami jelaskan diatas :  'Keyword1-Keyword2-Keyword3'

Disini Google akan menganggap bahwa Anda sedang menargetkan 'Keyword1, Keyword2 dan Keyword3'

Berbeda halnya jika Anda menggunakan garis bawah : 'Keyword1_Keyword2_Keyword3'.  Maka, nama domain tersebut akan tetap terbaca 'Keyword1 Keyword2 Keyword3'

Saran kami adalah : Jadi jika Sis and Bro ingin menargetkan long tail keyword, gunakan garis bawah untuk memisahkan antar keyword yang Sis and Bro targetkan atau jauh lebih baik jika Sis and Bro tidak menggunakan tanda penghubung sama sekali.

Template

Sis and Bro pasti sudah pada memahami bahwa template blog memegang peranan penting dalam berbagai aspek pada blog, baik dari segi SEO maupun kepuasan pengunjung. Jadi template bukan hanya untuk digunakan untuk memperindah maupun memperindah tampilan blog agar enak dipandang saja, lebih dari itu, template responsive dan SEO Friendly. juga akan berdampak baik pada ranking blog di SERP.

Bicara mengenai template sebenarnya tidak ada yang ahli template, karena ini terkait selera orang yang berbeda-beda, tetapi kami tahu beberapa hal yang akan membuat template menjadi SEO Friendly, dan sekaligus menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh teman-teman blogger pemula.

Menggunakan Title Tag Responsive

Kesalahan SEO template yang pertama adalah tidak menerapkan Title Tag Responsive. Yang dimaksud heading tag disini adalah judul blog yang terdapat pada bagian atas tab pada browser kita. Contoh title tag adalah seperti gambar dibawah ini.

Dalam penerapannya, Title Tag yang baik dan benar adalah harus responsive, responsive disini maksudnya adalah mampu berubah-ubah (menyesuaikan keadaan).

Jadi misal saat di HomePage, title Tag sebaiknya ditulis dengan nama : Judul Blog

Dan, saat berada di StaticPage atau halaman artikel, harus bisa berganti menjadi :

Judul Artikel - Judul Blog

Judul Artikel | Judul Blog

Judul Artikel


Mengabaikan Meta Description

Kelihatannya yang namanya Meta Description mungkin sudah tidak lagi menjadi Ranking Factor dalam SEO sejak diumukan secara resmi oleh Google pada tahun 2009 silam, melalui Official Google Blog. Tetapi Meta Description sangat berperan penting untuk meningkatkan pengunjung dari mesin pencari. Karena, seperti yang kita semua ketahui bahwa pada hasil pencarian Google akan ditampilkan Judul Blog dan sinppet meta description sebanyak 160 karakter.

Lebih lanjut maka jika Sis and Bro bisa memaksimalkan pengisian 160 karakter pada meta description dengan baik, maka meskipun ranking atau posisi blog Anda di Google tidak berada di urutan 1, katakanlah berada di urutan 2, bukan tidak mungkin pengunjung akan lebih memilih untuk mengklik blog Anda ketimbang blog yang berada di urutan karena membaca meta description pada artikel blog Anda yang menarik.

Kabar baiknya, untuk pengguna Blogger / Wordpress sudah disediakan fitur untuk mengisi meta description. Tetapi harus diaktifkan terlebih dahulu melalui Dasbor Blogger > Setelan > Preferensi Penulusaran > Tag Meta Deskripsi.

Mutu / Kualitas Artikel

Tidak cukup dengan memilih template yang SEO Friendly saja, karena kita juga harus memperhatikan konten atau artikel yang kita buat, bukan hanya harus SEO Friendly namun juga wajib User Friendly.

Penggunaan Fungsi Bold, Italic dan Underline

Selama ini banyak yang berpendapat bahwa penggunaan bold, italic maupun underline pada keyword yang dibidik akan meningkatkan ranking halaman artikel blog tersebut di SERP (Search Engine Results Page).

Menurut penelusuran kami hal ini cukup menimbulkan pertanyaan, mengingat mesin pencari atau dalam hal ini adalah Google bekerja selayaknya Manusia. Dalam artian jika manusia atau lebih tepatnya pembaca merasa senang dengan artikel yang Anda buat maka Google juga akan senang.

Untuk hal tersebut bisa dipastikan bahwa tidak ada korelasi antara penggunaan bold/italic/underline dengan ranking blog atau SEO, karena tujuan atau fungsi penggunaan bold, italic dan underline adalah untuk memudahkan pengunjung dalam membaca artikel Sis and Bro.

Hal ini bukan berarti ada pelarangan penggunaan bold, italic maupun underline pada keyword, So jika ingin menggunakan font-style tersebut silahkan saja tidak masalah, namun harus dipastikan bahwa penggunaannya adalah pada kalimat yang tepat.

Singkat saja, saya jelaskan mengenai cara penggunaan ketiga font-style tersebut :

  • Bold digunakan untuk memprioritaskan sebuah kata / kalimat
  • Underline digunakan untuk menekankan kata tersebut
  • Italic digunakan pada kata asing

Intinya gunakan style pada font jika memang itu diperlukan, namun jangan sampai menggunakan style untuk menebalkan setiap keyword yang Anda tulis dengan tujuan SEO, karena itu salah satu awal kesalahan fatal dalam pemahaman SEO On-Page.

Jangan Melupakan Link Internal

Yang namanya Internal Link adalah link yang mengarah ke artikel lain yang masih berada di dalam blog kita, jadi hampir sama dengan related post, hanya saja internal link berada di dalam artikel.

Internal Link merupakan salah satu dari sekian banyak teknik SEO On-Page yang bisa dibilang sangat ampuh, karena 3 syarat penting backlink terdapat dalam internal link, ketiga syarat penting backlink yang kami maksud adalah berasal dari konten se-Niche, menggunakan Anchor Text dan berada di dalam Artikel.

Kalau kita melihat memang masih banyak yang melupakan internal link karena mereka merasa cukup dengan adanya fitur related post. Padahal jika kita bisa menyelipkan internal link, maka akan dua manfaat yang akan kita dapat yaitu Backlink berkualitas dan Bounce Rate menurun.

Yang namanya Backlink dalam 1 artikel yang sama pastinya akan sangat berkualitas, sementara kenapa bounce rate bisa turun dikarenakan pengunjung tidak hanya membuka 1 halaman saja, melainkan melanjutkan untuk membaca artikel lainnya.

Utamakan Reputasi dan Jangan mengabaikan Relevansi

Kami memahami bahwa pada saat mencari backlink, seringkali kita hanya terfokus untuk mencari backlink dari situs yang memiliki reputasi baik, maksud dari reputasi disini lebih mengarah kepada PA (Page Authorithy) dan DA (Domain Authorithy).


artikel lain : Bagaimana Design dan Layout Toko Online Yang Baik

Padahal sebenarnya ada faktor lain yang juga harus kita pertimbangkan sebelum 'menanamkan' backlink di situs tersebut, yaitu Niche. Dimana
kita harus melihat apakah topik dari halaman artikel situs tersebut relevan dengan artikel yang ada di blog kita ? jika tidak relevan, sebaiknya cari situs lain yang memiliki artikel relevan meski PA / DAnya lebih rendah.

And the last semoga informasi singkat tentang kebiasaan yang kurang pas dalam pemahaman seo blog yang sering dilakukan blogger ini bisa memberikan manfaat dan sekaligus memberi masukan bagi teman-teman blogger pemula untuk bisa memahami pengertian SEO secara benar.

Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran

===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, so, silahkan telpon ke 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One 

=========================================================================
Artikel Terkait :

Mengambil Rejeki Dari Tuhan

Kesuksesan hasil metamorphosis

Semesta Mendukung atau Law Attraction

Beberapa Strategi Branding

Teknik Dan Strategi Penjualan EBOOK

No comments:

Post a Comment