Sis and Bro,
sebenarnya ini adalah sekedar informasi saja, dalam situasi sekarang ini beberapa
perusahaan menyebut nama pekerjaan ini sebagai social media specialist. Untuk
menyebutnya saja sudah berbeda-beda, tetapi pada intinya deskripsi pekerjaannya
sama.
Barangkali tidak banyak pengusaha yang menganggap bahwa pekerjaan ini
mereka butuhkan dalam perusahaan mereka. Melalui artikel ini Sis and bro
sebagai pengusaha akan makin yakin bahwa merekrut seorang sosial media manager
adalah salah satu tindakan cerdas dalam berbisnis di era modern dan digital sekarang
ini.
1. Selalu ikuti Tren Media Sosial
Mungkin kebanyakan
kita berpikiran bahwa pekerjan seorang social media manager bisa dilakukan oleh
editor, reporter, ataupun penulis lepas. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah
tidak demikian. Mereka barangkali sangat baik dalam memproduksi konten yang
dibutuhkan, tetapi seorang social media manager haruslah lebih dari itu. Mereka
harus mengikuti tren yang ada di media sosial.
Menjadi seorang
sosial media manager diwajibkan mengetahui apa hashtag (tagar) yang sedang
paling populer saat ini, bagaimana cara yang efektif untuk memposting tulisan
di Google+, bagaimana mengelola blog, apakah memerlukan Pinterest, dan
sebagainya. Kemampuan dan keterampilan khusus yang bersifat strategis tersebut
barangkali tidak dimiliki oleh reporter, penulis lepas, ataupun editor.
Apa yang sedang
menjadi tren media sosial harus dikuasai oleh seorang sosial media manager. Hal
itu berguna untuk memastikan bahwa mereka membuat perusahaan Sis and Bro
menjadi leader, dan bukanlah follower dalam banyak hal. Mereka selalu menyadari
dan menemukan peluang atas segala hal yang baru. Dari penguasaan tren media
sosial ini mereka bisa membantu anda mengatasi tiga hal penting sekali dalam
kelangsungan hidup perusahaan: strategi media sosial, kebijakan media sosial,
dan perencanaan iklan media sosial.
2. Harus
Memahami Analisis Media Sosial
Apakah Sis and
Bro cukup familiar dengan kata-kata seperti virality, reach, RT, click-through,
dan +1? Beberapa istilah tersebut rupanya terkait dengan kinerja media sosial.
Seorang social media manager pasti akan sangat menguasai istilah tersebut.
Istilah itu akan sangat membantu bagaimana mereka menganalisis setiap tanggapan
yang muncul dan memastikan perusahaan Sis and Bro mendapatkan ROI (Return On
Investment) terbaik dalam media sosial.
Mereka akan mempu melihat apakah usaha
pemasaran yang perusahaan lakukan bekerja secara efektif atau tidak. Bisa
dikatakan selama 24 jam setiap hari selama seminggu penuh mereka punya
tanggungjawab memonitor audiens tersebut untuk mendapatkan analisis yang baik.
3.Harus Mempunyai Reputasi yang Baik
di Kerja Pemasaran
Benar bahwa
media sosial adalah ‘pemain baru’ dalam dunia pemasaran yang selama ini ada.
Kendati begitu, teknologi ini bukanlah hal yang disepelekan. Bagaikan cabe
rawit yang kecil tapi pedas, dibutuhkan orang-orang cerdas dengan kualifikasi
tertentu untuk bekerja dengan efektif. Tentu saja mereka harus dibuktikan
dengan pengalaman, bukan sekadar pemakai/pengguna media sosial aktif saja.
Pengalaman itu
akan menumbuhkan kepakaran yang dapat dilihat dari jam terbang mereka. Sis and
Bro akan dapat dengan mudah menelusuri bagaimana prestasi mereka hanya dengan
melihat proyek-proyek media sosial yang telah mereka tangani sebagai referensi.
Hasilnya akan terlihat jelas, dilihat dari bagaimana mereka menulis, bagaimana
mereka membangun komunitas dengan audiens dan sebagainya. Keahlian yang seperti
ini akan mudah Sis and Bro akses untuk menemukan seorang social media manager
yang Sis and Bro harapkan.
4. Harus
memahami Pentingnya Media Sosial
Barangkali Sis
and Bro tidak sepenuhnya sepakat dengan gagasan bahwa media sosial bisa
menimbulkan perbedaan yang signifikan pada perusahaan Sis and Bro. Namun tidak
demikian dengan seorang social media manager, mereka sangat paham bagaimana
media sosial bisa sangat membantu perusahaan Sis and Bro dalam seluruh aspek
pemasaran.
Dengan begitu mereka akan membuat perencanaan pemasaran yang baik
dan efektif. Mereka tidak hanya akan mengepos tweet yang sama setiap hari, atau
sekadar update status di Facebook saja. Mereka akan berinteraksi dengan
audiens, membuat jaringan, lalu membentuk sebuah komunitas yang pasti akan
menjaring pelanggan Sis and Bro. Secara keseluruhan, melalui media sosial,
mereka akan membuat audiens lebih mudah untuk mengakses perusahaan Sis and Bro.
5.Mereka Totalitas dan Fokus pada Media Sosial Perusahaan Anda
Kita tentu tahu
bahwa totalitas dan fokus adalah kekuatan yang tak terhingga pada sebuah
perusahaan. Seorang reporter ataupun editor biasanya akan mengepos saja sebuah
tulisan pada pukul 13 di akun Facebook atau blog. Beberapa jam kemudian akan
dipos lagi sebuah informasi di media sosial lain. Namun ada satu hal yang
teramat jarang dilakukan reporter/editor, yaitu menganalisis statistik media
sosial.
Tugas analisis
statistik inilah yang kemudian menjadi tugas sosial media manager. Mereka akan
mendedikasikan seluruh waktu kerja Sis and Bro untuk melakukan itu demi
memunculkan strategi pemasaran online dengan lebih baik. Bahkan bisa dikatakan
mereka harus mengetahui semua, termasuk segala seluk beluk perusahaan Sis and
Bro, untuk bisa menentukan keputusan strategi pemasaran mana yang paling baik
untuk diterapkan pada perusahaan anda. Ini sungguh kerja keras yang membutuhkan
totalitas dan fokus untuk mendapatkan hasil yang baik.
6.Mereka Akan Membuat Perusahaan Anda Menjadi Pesaing yang Handal
Sebenarnya
berlebihan bila kita mengatakan dengan merekrut seorang sosial media manager
yang handal, kita akan menjadi perusahaan yang tak bisa dipandang sebelah mata
oleh perusahaan lain. Bahkan, bisa jadi perusahaan itu akan sangat iri dengan
keberhasilan yang akan Sis and Bro raih setelah mempekerjakan seseorang pada
bagian ini. Bagai sebuah strategi perang, peran mereka adalah melihat
kekurangan kita dan menutupinya, sekaligus menyadari kekuatan kita dan
memaksimalkannya dalam media sosial.
Jadi yang perlu
digaris bawahi adalah ketika perusahaan pesaing anda tak memiliki seorang sosial
media manager, hampir dipastikan perusahaan anda akan mendominasi benak audiens
ketika membicarakan produk tertentu. Sis and Bro tidak akan tertinggal di
belakang perusahaan pesaing. Paling tidak secara online, merek produk Sis and
Bro akan berada di benak para audiens dibanding yang lain.
So, sudah tidak diragukan lagi kan untuk segera merekrut seorang social media manager di perusahaan Sis and Bro?
Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!
==============================================
Nah..Sudah dapat ilmunya, sekarang sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Terkait :
=========================================================================
Artikel Terkait :
No comments:
Post a Comment