Sis and Bro, biasanya yang
namanya Sosial Media Manager didalam sebuah perusahaan dibawah departemen
Marketing Communication, namun kebijakan dari beberapa perusahaan atau
tergantung struktur organisasi yang ada bisa juga berbeda-beda departemennya.
Sis and Bro, sebenarnya apa
sih tujuan sebenarnya untuk adanya jabatan Sosial Media Manager?
Banyak dan bermacam-macam
sebenarnya, namun setelah dirangkum pada intinya adalah sebagai berikut :
Bisa mengimplementasikan strategi social media
perusahaan, membangun brand awareness, meningkatkan lalu lintas pengunjung ke
situs web dan mendorong penggunaan produk/layanan. Pemegang jabatan ini banyak
berhubungan dengan team Marketing dan Publik Relation untuk mendukung misi masing-masing
divisi itu, sambil memastikan konsistensi dalam pesan-pesan yang disampaikan di
jejaring sosial.
Kemudian
apa tugas dan tanggung jawabnya?
Kelihatannya
hanya sedikit dan sulit diuraikan, namun setelah ditimbang-timbang, ternyata
banyak juga ya tugas dan tanggungjawabnya, berikut diantaranya :
· Mengimplementasikan strategi social
media, berkoordinasi dengan semua stakeholder di perusahaan untuk memastikan
efektivitas kegiatan di social media, mengadopsi teknik-teknik social media
yang relevan ke dalam budaya perusahaan dan ke dalam produk dan layanan
perusahaan.
· Bekerjasama dengan tim Product
Development untuk memastikan produk tetap update dengan tools social media
terbaru (misalnya Facebook Connect, Twitter Share, dll)
· Mengelola aktivitas campaign di social
media dan aktivitas sehari-hari. Tugas sehari-hari termasuk mendukung aktivitas
Public Relations bersama komunitas, mendukung program promo, dll
· Mengelola keberadaan perusahaan di
jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain, mengupdate blog, dan
mensuplai konten kepada aplikasi sosial yang memerlukan.
· Menjadi wakil perusahaan dalam area
social media, terlibat dalam dialog dan menjawab pertanyaan yang dapat dijawab
langsung.
· Memonitor benchmark dan mengukur
dampak program-program di social media, menganalisa, mereview dan melaporkan
efektivitas campaign untuk memaksimalkan hasil yang dicapai.
· Secara rutin memberikan feedback
dari insight yang diperoleh dari memonitor percakapan di social media kepada
tim Marketing maupun tim lain yang membutuhkan, agar mereka dapat mengembangkan
strategi sesuai dengan masukan dari pengguna.
· Memonitor perkembangan di bidang
aplikasi dan tools social media.
Pasti setelah itu kita juga
ingin mengetahui, spesifikasi jabatannya seperti apa? Terutama jika Sis and Bro
bekerja membidangi di bagian personalia atau di PSDM, nah berikut diantaranya spesifikasi
yang diperlukan untuk mencari karyawan di bidang Sosial Media Manager :
· Mempunyai kemampuan manajemen proyek ( project management)
· Memiliki pengetahuan mendalam dan pemahaman tentang
platform-platform social media (Facebook, Digg, Youtube, Twitter, Flickr, dan
lain-lain) dan bagaimana platform tersebut dapat digunakan dalam berbagai
skenario berbeda
· Memiliki pengetahuan tentang ekosistem blog yang berhubungan
dengan bidang perusahaan
· Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan
gagasan secara tertulis dan verbal
· Kemampuan membangun dan mempertahankan relasi
· Selain itu juga haruslah seorang team player, dengan
kepercayaan diri yang tinggi untuk memimpin dan membimbing departemen lain bila
diperlukan
· Pengertian teknis yang memadai dan dapat memilih tools baru
dengan cepat
· Pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip SEO
· Pengalaman di bidang Public
Relations, Marketing, Sales, dan Community Management adalah nilai tambah
tersendiri.
Nah
Sis and Bro uraian jabatan di atas adalah uraian jabatan secara umum dan tentunya
di setiap perusahaan dapat berbeda-beda. Jika di perusahaan sudah ada karyawan
yang dipandang mampu, tentunya tidak perlu melakukan rekruitmen karyawan baru,
tinggal memanfaatkan dan memberikan sedikit pelatihan serta pemahaman
pekerjaannya.
Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================
Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================
Naaah..sudah dapat ilmunya sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm
57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun
jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Terkait :
No comments:
Post a Comment