Sis
and Bro, sepertinya masih beberapa tahun lalu kita semua hidup dengan kehadiran
komputer yang belum memiliki kemampuan terkoneksi dengan internet. Hanya dalam
waktu yang tidak terlalu lama, saat ini hampir semua karyawan, baik sedang di
kantor maupun tidak, memiliki akses internet yang sangat cepat melalui
smartphone, laptop, iPad ataupun melalui desktop komputer mereka.
Selain
itu yang namanya media sosial juga baru saja mewabah beberapa tahun yang lalu
dan sekarang, hampir seluruh penjuru dunia telah menjadi sangat terbuka dan transparan
perihal penyebaran informasi personal secara online. Hal ini membuat mereka
selalu membagikan setiap detik kehidupannya kepada masyarakat didunia.
Yang
perlu diwaspadai sebenarnya adalah reputasi sebuah perusahaan atau organisasi
bisa saja rusak dikarenakan ocehan salah satu karyawan yang menggunakan media
sosial untuk berkeluh kesah tentang pekerjaan mereka. Hal itu juga bisa
menurunkan produktifitas kerja jika penggunaan media sosial yang terlalu tinggi
pada saat jam kerja.
Hal
ini bisa direduksi apabila seorang manager yang baik bisa bekerjasama dengan
para karyawannya untuk memanfaatkan media sosial sebagai strategi meningkatkan
branding, meningkatkan exposure serta jangka panjangnya bisa meningkatkan
penjualan dan kinerja perusahaan, untuk itu ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan diantaranya:
Wajib diketahui yaitu Karakteristik Media Sosial
Apabila
Sis and Bro sebagai manager/bos maka sangat perlu untuk mengikuti perkembangan
teknologi yang berubah dengan pesat dan memerhatikan semua metode dari sharing
informasi secara online. Facebook, Twitter, Google+, Pinterest dan Instagram
adalah contoh produk sosial yang muncul beberapa tahun terakhir.
Artikel Lain : Apa Strategi SEO dari Pesaing Kita
Manajemen yang
setingkat atau dua tingkat dibawah Direksi sebaiknya perlu untuk memahami semua
karakteristiknya agar mampu menyusun strategi penggunaan platform media sosial
dan memahami bagaimana karyawan Sis and Bro menggunakannya.
Harus Segera Mengambil Sikap
Didalam
sebuah perusahaan atau organisasi perlu untuk menentukan pendekatan terbaik
dalam memonitor dan menggunakan media sosial di tempat kerja. Hal ini termasuk
membuat keputusan tentang kebijakan karyawan untuk melakukan aktifitas media
sosial ketika jam kerja. Seperti misalnya, ada beberapa perusahaan yang
melakukan blocking ke situ Facebook selama jam kerja untuk menjaga agar karyawannya
tetap fokus bekerja.
Harus
diakui bahwa banyak perusahaan yang kurang bisa memonitoring durasi para
karyawan dalam melakukan aktifitas di jejaring sosial. Jika Sis and Bro
termasuk salah satunya, sebaiknya segera cari tools yang tersedia dimana bisa
melacak pemakaian internet. Ada alat/aplikasi reporting yang bisa memberi tahu Sis
and Bro apa saja web yang mereka buka dan durasi pemakaiannya. Coba tanyakan
ahli IT untuk membantu mengindentifikasi tools monitoring terbaik untuk
perusahaan kita.
Buatlah Ekspektasi Terhadap Media Sosial
Apabila
langkah diatas sudah dilaksanakan maka perusahaan bisa segera menentukan peraturan
penggunaan sosial media bagi para karyawan, hal ini penting untuk
mengkomunikasikan ekspektasi perilaku kepada mereka.
Penting untuk dibaca : Bagaimana membangun kredibilitas Toko Online
Harus ada kesepahaman yang
jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa ditoleransi oleh perusahaan.
Contohnya, apakah karyawan diperbolehkan mengirim tweet atau update status
Facebook ketika jam kerja? Para karyawan harus tahu dan mengerti apa saja yang
bisa mereka lakukan dan apa saja yang tidak.
Buatlah Rancangan Kebijakan Perusahaan
Hal
ini dilakukan karena menulis kebijakan dan prosedur akan sangat membantu untuk
membuat semua orang memiliki pemahaman yang sama, jadi menulis peraturan / kebijakan
bermedia sosial dapat membantu menjaga konsistensi.
Kebijakan media sosial
meliputi hal-hal seperti pentingnya menjaga informasi rahasia tentang
perusahaan atau dengan tidak memperbolehkannya memposting gambar kantor secara
online. Selalu ingat bahwa sebuah peraturan tidak dibuat untuk dilanggar, tapi
untuk ditegakkan.
Segera adakan Pelatihan Karyawan
Kepada
para karyawan harus segera dilakukan training mengenai peraturan bermedia
sosial dan diajarkan konsekuensi dari tidak menaati peraturan. Ini juga menjadi
waktu yang baik untuk membagikan informasi mengenai posisi perusahaan dalam
tren media sosial dan tujuannya dalam penggunaan media sosial untuk mendapatkan
pelanggan baru.
Hal ini bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga
ataupun membuat pelatihan secara internal oleh yang membidangi pekerjaan
tersebut seperti Sekretaris Perusahaan ataupun PSDM.
Jangan lewatkan yang ini : Bagaimana Design dan Layout Toko Online Yang Baik
Kita Harus Mengelola Performa Karyawan
Sia
and Bro yang namanya karyawan, yang notabene sibuk mengerjakan tugasnya di
kantor akan memiliki sedikit waktu untuk bermain-main di dunia maya/media
sosial. Gunakan performance management yang terstruktur untuk memastikan bahwa karyawan
telah mengupdate job description, menulis target karyawan dan ekspektasi
performa yang jelas.
Jika para karyawan sampai memiliki waktu senggang untuk
berselancar di dunia maya kemungkinannya mereka kurang dikelola dengan baik.
Lakukan training untuk management performa dengan manager lainnya. Atau dengan
kata lain kita bisa menggunakan Tools Work Load Analysis (WLA), untuk
mengetahui kapasitas beban kerja karyawan.
Cara Lebih Bijak adalah Berpartner dengan Karyawan
Sis
and Bro bisa menemukan cara bekerjasama dengan karyawan untuk membantu
memasarkan produk dan servis organisasi. Contohnya, Sis and Bro bisa meminta
karyawan untuk membagikan informasi tentang program promo baru perusahaan pada
teman Facebook mereka. Bentuk program insentif untuk karyawan agar para customer
mengetahui informasi dari produk dan servis baru yang dimiliki. Manfaatkan juga
forum-forum public online untuk menyebarkan penggunaan media sosial yang
positif.
Boleh baca yang ini : Perlukah Perusahaan Merekrut Seorang Sosial Media Manager?
Manage
Karyawan yang Hobi Update status di Media Sosial
Memang
didalam dunia kerja ada berbagai tipe karyawan dan tipe karyawan yang seperti
ini membuat suasana kerja menjadi tidak menyenangkan dan terasa menantang.
Latih para supervisor/Kaur/Kasi untuk mempelajari teknik mengelola performa
kerja karyawan dan memonitor kepuasaan karyawan supaya meminimalisir kerusakan
citra perusahaan kita di tangan karyawan kita sendiri.
Kerjasama dengan para
karyawan dalam penyelesaian masalah dan berikan persepsi. Tentunya juga
didukung dengan tetap melakuka komunikasi organisasi secara terbuka dan menjadi
proaktif pada karyawan terkait isu-isu yang sedang terjadi.
So…pada akhirnya kita harus menyadari bahwa Media
sosial akan selalu hadir dan menjadi langkah terbaik apabila kita bisa
memanfaatkan dengan baik teknologi yang ada, dan tentunya harus bekerjasama
dengan karyawan untuk mendapatkan keuntungan dalam jangkauan yang lebih luas.
And
the last bekerjasamalah dengan semua karyawan untuk mengelola waktu, fasilitas
dan kemajuan tehnologi yang ada serta
tentukan ekspektasi perilaku yang jelas terhadap semua karyawan.
Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm
57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun
jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Terkait :
No comments:
Post a Comment