Hosting Indonesia

Monday 5 October 2015

Beda Traffic berbayar dan gratis





Jika Sis and Bro sudah merasa mempunyai website tetapi jumlah traffic atau pengunjungnya sedikit atau bahkan cuma Sis and Bro sendiri, pastinya akan sangat menyedihkan dan membuat putus asa saja.


Tetapi jangan khawatir karena hampir setiap orang yang pernah buat website/blog pasti pernah mengalaminya. Yang penting adalah kita mau belajar untuk dapat mendatangkan pengunjung atau sering disebut strategi traffic.


Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan terlebih dahulu, pengertian dasar yang perlu Sis and Bro miliki seperti jenis traffic dan mana yang lebih baik, traffic yang gratis atau berbayar.


Traffic yang menjadi dan tidak menjadi Target

Hal pertama yang perlu Sis and Bro mengerti terlebih dahulu adalah tidak semua traffic/pengunjung itu bernilai sama. Tujuan yang ingin Sis and Bro capai atau dapatkan adalah targetted traffic atau pengunjung sesuai dengan target Sis and Bro, bukan un-targetted traffic  atau pengunjung yang tidak sesuai dengan target Sis and Bro.


Coba bayangkan jika Sis and Bro memiliki toko menjual baju anak, tetapi Sis and Bro didatangi oleh banyak sekali orang yang  ingin mendapatkan sembako gratis. Mungkin gara-gara ada brosur bagi sembako gratis, tapi salah mencantumkan alamat, yang dicantumkan ternyata alamat toko Sis and Bro 

Ada gunanya tidak, toko Sis and Bro dikunjungi banyak orang dengan niat seperti itu? Tidak ada gunanya bukan.

Pastinya lebih baik Sis and Bro didatangi sedikit pengunjung tapi niatnya sudah sesuai, yaitu mencari baju anak. Jadi lebih penting kualitas pengunjung, daripada kuantiti/jumlah pengunjung.


Oleh sebab itu, janganlah tergoda dengan metode-metode traffic seperti spamming, misleading dll hasil dari beli traffic ke sumber yang tidak jelas.


Tidak ada gunanya atau sangat minim sekali manfaatnya, jika website Sis and Bro mendapatkan banyak pengunjung yang un-targetted atau tidak sesuai dengan target pengunjung yang Sis and Bro harapkan. Server hosting Sis and Bro akan terbebani, padahal mereka akan pergi dengan cepat pula.


Traffic Gratis dan Traffic berbayar

Seandainya Sis and Bro ditanya, lebih suka yang mana, yang Gratis atau Bayar?

Saya yakin kalau tanya ke 10 orang, yang jawab 11 orang bilang “Ya jelas yang gratis!!!” Kok bisa 11?

Karena di sebelah 10 orang tadi ada 1 orang lain, ikut dengar pertanyaannya, ikut teriak mau yang Gratis 
 Saya juga sama kalau ditawari burger yang sama, bayar atau gratis, ya tentu pilih gratis

Namun dalam hal traffic atau sumber pengunjung, Sis and Bro harus tahu bedanya antara free traffic dengan paid traffic agar Sis and Bro bisa lebih tepat dalam mengambil keputusan.


Contoh sumber free traffic yang paling populer adalah dari search engine seperti Google. Semua orang ingin websitenya ranking tinggi di halaman satu Google. Oleh sebab itu, banyak orang belajar ilmunya yang disebut SEO atau Search Engine Optimization.


Contoh lain sumber free traffic lain adalah dari media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.


Kelemahan Traffic Yang tidak Berbayar

Sumber free traffic seperti ini jelas memiliki keunggulan utama yaitu GRATIS sehingga selalu menarik bagi banyak orang. Tetapi yang banyak tidak disadari adalah kelemahan dari sumber free traffic yaitu:

  • Membutuhkan investasi waktu yang banyak.
  • Hasilnya tidak bisa didapat dengan instan atau cepat.
  • Sulit untuk di scale-up atau dilipat-gandakan.
  • Seringkali perubahan yang terjadi menghilangkan seluruh upaya yang telah dilakukan.

Sebagai contoh misalnya Sis and Bro berupaya keras untuk membuat website ranking tinggi di halaman satu Google untuk target keyword (kata kunci) Sis and Bro.


Sis and Bro melakukan banyak hal untuk bisa mencapai hal tersebut. Dari membeli domain yang tepat, membuat website dan konten yang bagus, melakukan on-page seo, off-page seo, mendapatkan social signal dan lain-lain (tidak apa jika Sis and Bro tidak ngerti maksudnya, poinnya bukan itu). Untuk melakukan ini semua jelas membutuhkan waktu yang banyak.


Dan setelah melakukan itu semua, tidak serta-merta website Sis and Bro langsung ranking di halaman satu Google. Sangat jarang terjadi, yang seringkali terjadi adalah website Sis and Bro membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan untuk masuk halaman satu atau bisa jadi tidak akan pernah masuk halaman satu. Jadi selain saat awal membutuhkan investasi waktu, hasilnya juga tidak bisa didapat secara cepat.


Selain itu, juga sulit dilipat-gandakan karena setelah website Sis and Bro ranking tinggi untuk kata kunci tertentu, dan sekarang Sis and Bro mau website Sis and Bro ranking tinggi di kata kunci lain, maka butuh investasi waktu dan tenaga yang lumayan lagi.


Tetapi yang paling menjengkelkan dan mengecewakan adalah jika search engine seperti Google melakukan update algoritma (sering terjadi) sehingga mungkin website Sis and Bro sebelumnya ranking no 2 dan setelah dilakukan update, website Sis and Bro hilang dari halaman satu sehingga jadi halaman 3 atau bahkan hilang sama sekali! Namanya juga gratis ya  tergantung dengan tuan rumah maunya bagaimana.


Contoh lain yang juga terjadi di Facebook.

Beberapa tahun lalu, jika Sis and Bro posting sesuatu (misal link ke website Sis and Bro), baik di Facebook Profile (untuk urusan pribadi) ataupun Facebook Page (untuk bisnis), maka yang lihat posting Sis and Bro hampir semua friends atau follower/fans Sis and Bro sehingga otomatis website Sis and Bro juga banyak dikunjungi orang. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha menambah jumlah follower/fans nya agar bisa dapat free traffic ke website mereka.


Tapi sekarang, Facebook sudah banyak mengubah tentang hal ini sehingga kalau Sis and Bro posting sesuatu, hanya sedikit sekali friends atau follower/fans Sis and Bro yang akan melihatnya (kurang dari 6%). Tidak banyak yang bisa Sis and Bro lakukan tentang hal ini.


Ya begitulah sifat atau kelemahan dari Free Traffic. Butuh banyak waktu, hasil tidak bisa instan dan kadang-kadang tidak reliable atau bisa diandalkan karena seringkali ada perubahan.


Kelebihan Trafic Berbayar

Nah bagaimana dengan paid traffic atau trafik yang berbayar alias bayar iklan? Kelemahan utamanya menurut saya adalah perlu bayar

Tetapi di balik harus bayar ini ada kelebihan Paid Traffic yang perlu Sis and Bro sadari yaitu:

  • Bisa dengan cepat dilakukan.
  • Hasilnya instan atau bisa cepat dilihat.
  • Mudah untuk di scale-up atau dilipat-gandakan yaitu tinggal menambah biaya iklan.
  • Perubahan yang terjadi seringkali adalah perubahan positif karena ada fitur-fitur baru yang membuat iklan Sis and Bro semakin efektif dan optimal.

Paid traffic yang populer dan banyak digunakan adalah Google Adwords dan Facebook Ads. Mereka adalah dua sumber pengunjung berbayar yang paling besar.

Sis and Bro bisa dengan mudah memasang iklan di Google ataupun di Facebook (tentu perlu belajar terlebih dahulu agar bisa efektif).


Tapi begitu Sis and Bro sudah mengerti cara memasang iklan di kedua website besar tersebut, Sis and Bro bisa dengan cepat melihat iklan Sis and Bro tampil dan kadang hasil bisa langsung mulai terlihat di hari yang sama!

Setelah itu, biasanya Sis and Bro perlu melakukan sebuah proses optimasi agar iklan Sis and Bro menjadi semakin optimal.


Saat iklan Sis and Bro sudah mulai optimal, untuk melipat-gandakan hasil (scale-up), Sis and Bro tinggal meningkatkan budget iklan Sis and Bro. Makin besar budget iklan Sis and Bro, makin banyak hasilnya. Sesuatu yang mustahil bisa dilakukan dengan strategi Free Traffic.


Google dan Facebook memperoleh penghasilannya dari pengiklan, sehingga otomatis mereka kontinyu untuk terus melakukan perubahan positif berupa peningkatan sistem dalam beriklan. Jadi makin hari makin canggih sehingga Sis and Bro bisa memasang iklan dengan lebih efektif.


Nah jadi dari penjelasan diatas Sis and Bro sudah bisa mengambil kesimpulan sendiri, mana yang lebih baik dan lebih tepat buat bisnis Sis and Bro. Silakan timbang-timbang sendiri. Kalau menurut kami, saat Sis and Bro ingin bisnis Sis and Bro berkembang dengan cepat, Sis and Bro harus alokasi budget untuk paid traffic atau iklan berbayar.


Di bisnis, Sis and Bro harus bisa dengan cepat memperoleh hasil, sumber traffic harus bisa diSis and Brolkan dan mudah dilipat-gandakan.


Tetapi yang perlu Sis and Bro perhatikan adalah untuk bisa menggunakan paid traffic seperti Google Adwords dan Facebook Ads secara optimal, Sis and Bro perlu belajar dari orang yang memang sudah pengalaman di bidang tersebut.

Tanpa mempelajari cara dan strategi memasang iklan yang efektif dan optimal, bisa jadi Sis and Bro salah langkah dan menghabiskan banyak uang untuk iklan dengan hasil yang minim seperti yang terjadi di banyak orang. Jadi pesan kami, penting untuk mengalokasikan waktu untuk belajar dari orang yang sudah tepat dan berpengalaman.

Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran

===============================================

No comments:

Post a Comment