Jika
Sis and Bro sudah merasa mempunyai website
tetapi jumlah traffic atau pengunjungnya sedikit atau bahkan cuma Sis and Bro
sendiri, pastinya akan sangat menyedihkan dan membuat putus asa saja.
Tetapi
jangan khawatir karena hampir setiap orang yang pernah buat website/blog pasti
pernah mengalaminya. Yang penting adalah kita mau belajar untuk dapat mendatangkan
pengunjung atau sering disebut strategi traffic.
Pada
artikel kali ini, kami akan menjelaskan terlebih dahulu, pengertian dasar yang
perlu Sis and Bro miliki seperti jenis traffic dan mana yang lebih baik,
traffic yang gratis atau berbayar.
Traffic yang menjadi dan tidak menjadi Target
Hal
pertama yang perlu Sis and Bro mengerti terlebih dahulu adalah tidak semua
traffic/pengunjung itu bernilai sama. Tujuan yang ingin Sis and Bro capai atau
dapatkan adalah targetted traffic atau pengunjung sesuai dengan
target Sis and Bro, bukan un-targetted traffic atau
pengunjung yang tidak sesuai dengan target Sis and Bro.
Coba
bayangkan jika Sis and Bro memiliki toko menjual baju anak, tetapi Sis and Bro
didatangi oleh banyak sekali orang yang ingin mendapatkan
sembako gratis. Mungkin gara-gara ada brosur bagi sembako gratis, tapi
salah mencantumkan alamat, yang dicantumkan ternyata alamat toko Sis and Bro
Ada
gunanya tidak, toko Sis and Bro dikunjungi banyak orang dengan niat seperti
itu? Tidak ada gunanya bukan.
Pastinya
lebih baik Sis and Bro didatangi sedikit pengunjung tapi niatnya sudah sesuai,
yaitu mencari baju anak. Jadi lebih penting kualitas pengunjung, daripada
kuantiti/jumlah pengunjung.
Oleh
sebab itu, janganlah tergoda dengan metode-metode traffic seperti spamming,
misleading dll hasil dari beli traffic ke sumber yang tidak jelas.
Tidak
ada gunanya atau sangat minim sekali manfaatnya, jika website Sis and Bro
mendapatkan banyak pengunjung yang un-targetted atau tidak sesuai
dengan target pengunjung yang Sis and Bro harapkan. Server hosting Sis and Bro
akan terbebani, padahal mereka akan pergi dengan cepat pula.
Traffic Gratis dan Traffic berbayar
Seandainya
Sis and Bro ditanya, lebih suka yang mana, yang Gratis atau Bayar?
Saya
yakin kalau tanya ke 10 orang, yang jawab 11 orang bilang “Ya jelas yang gratis!!!”
Kok bisa 11?
Karena
di sebelah 10 orang tadi ada 1 orang lain, ikut dengar pertanyaannya, ikut
teriak mau yang Gratis
Saya
juga sama kalau ditawari burger yang sama, bayar atau gratis, ya tentu pilih
gratis
Namun
dalam hal traffic atau sumber pengunjung, Sis and Bro harus tahu bedanya antara
free traffic dengan paid traffic agar Sis and Bro bisa lebih
tepat dalam mengambil keputusan.
Contoh
sumber free traffic yang paling populer adalah dari search engine seperti
Google. Semua orang ingin websitenya ranking tinggi di halaman satu Google.
Oleh sebab itu, banyak orang belajar ilmunya yang disebut SEO atau Search
Engine Optimization.
Contoh
lain sumber free traffic lain adalah dari media sosial seperti Facebook,
Twitter, Instagram dan masih banyak lagi.
Kelemahan Traffic Yang tidak Berbayar
Sumber
free traffic seperti ini jelas memiliki keunggulan utama yaitu GRATIS
sehingga selalu menarik bagi banyak orang. Tetapi yang banyak tidak disadari
adalah kelemahan dari sumber free traffic yaitu:
- Membutuhkan investasi waktu yang banyak.
- Hasilnya tidak bisa didapat dengan instan atau cepat.
- Sulit untuk di scale-up atau dilipat-gandakan.
- Seringkali perubahan yang terjadi menghilangkan seluruh upaya yang telah dilakukan.
Sebagai
contoh misalnya Sis and Bro berupaya keras untuk membuat website ranking tinggi
di halaman satu Google untuk target keyword (kata kunci) Sis and Bro.
Sis
and Bro melakukan banyak hal untuk bisa mencapai hal tersebut. Dari membeli
domain yang tepat, membuat website dan konten yang bagus, melakukan on-page
seo, off-page seo, mendapatkan social signal dan lain-lain
(tidak apa jika Sis and Bro tidak ngerti maksudnya, poinnya bukan
itu). Untuk melakukan ini semua jelas membutuhkan waktu yang banyak.
Dan
setelah melakukan itu semua, tidak serta-merta website Sis and Bro langsung
ranking di halaman satu Google. Sangat jarang terjadi, yang seringkali terjadi
adalah website Sis and Bro membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan
untuk masuk halaman satu atau bisa jadi tidak akan pernah masuk halaman
satu. Jadi selain saat awal membutuhkan investasi waktu, hasilnya juga
tidak bisa didapat secara cepat.
Selain
itu, juga sulit dilipat-gandakan karena setelah website Sis and Bro ranking
tinggi untuk kata kunci tertentu, dan sekarang Sis and Bro mau website Sis and
Bro ranking tinggi di kata kunci lain, maka butuh investasi waktu dan tenaga
yang lumayan lagi.
Tetapi
yang paling menjengkelkan dan mengecewakan adalah jika search engine seperti
Google melakukan update algoritma (sering terjadi) sehingga
mungkin website Sis and Bro sebelumnya ranking no 2 dan setelah dilakukan
update, website Sis and Bro hilang dari halaman satu sehingga jadi halaman 3
atau bahkan hilang sama sekali! Namanya juga gratis ya
tergantung dengan tuan rumah maunya bagaimana.
Contoh
lain yang juga terjadi di Facebook.
Beberapa
tahun lalu, jika Sis and Bro posting sesuatu (misal link ke website Sis and Bro),
baik di Facebook Profile (untuk urusan pribadi) ataupun Facebook Page (untuk
bisnis), maka yang lihat posting Sis and Bro hampir semua friends atau
follower/fans Sis and Bro sehingga otomatis website Sis and Bro juga banyak dikunjungi
orang. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha menambah
jumlah follower/fans nya agar bisa dapat free traffic ke website mereka.
Tapi
sekarang, Facebook sudah banyak mengubah tentang hal ini sehingga kalau Sis
and Bro posting sesuatu, hanya sedikit sekali friends atau follower/fans Sis
and Bro yang akan melihatnya (kurang dari 6%). Tidak banyak yang bisa Sis and
Bro lakukan tentang hal ini.
Ya
begitulah sifat atau kelemahan dari Free Traffic. Butuh banyak waktu, hasil
tidak bisa instan dan kadang-kadang tidak reliable atau bisa diandalkan karena
seringkali ada perubahan.
Kelebihan Trafic Berbayar
Nah
bagaimana dengan paid traffic atau trafik yang berbayar alias bayar
iklan? Kelemahan utamanya menurut saya adalah perlu bayar
Tetapi
di balik harus bayar ini ada kelebihan Paid Traffic yang perlu Sis and Bro
sadari yaitu:
- Bisa dengan cepat dilakukan.
- Hasilnya instan atau bisa cepat dilihat.
- Mudah untuk di scale-up atau dilipat-gandakan yaitu tinggal menambah biaya iklan.
- Perubahan yang terjadi seringkali adalah perubahan positif karena ada fitur-fitur baru yang membuat iklan Sis and Bro semakin efektif dan optimal.
Paid
traffic yang populer dan banyak digunakan adalah Google Adwords dan Facebook
Ads. Mereka adalah dua sumber pengunjung berbayar yang paling besar.
Sis
and Bro bisa dengan mudah memasang iklan di Google ataupun di Facebook (tentu
perlu belajar terlebih dahulu agar bisa efektif).
Tapi
begitu Sis and Bro sudah mengerti cara memasang iklan di kedua website besar
tersebut, Sis and Bro bisa dengan cepat melihat iklan Sis and Bro
tampil dan kadang hasil bisa langsung mulai terlihat di hari yang sama!
Setelah
itu, biasanya Sis and Bro perlu melakukan sebuah proses optimasi agar
iklan Sis and Bro menjadi semakin optimal.
Saat
iklan Sis and Bro sudah mulai optimal, untuk melipat-gandakan hasil (scale-up),
Sis and Bro tinggal meningkatkan budget iklan Sis and Bro. Makin besar
budget iklan Sis and Bro, makin banyak hasilnya. Sesuatu yang mustahil bisa
dilakukan dengan strategi Free Traffic.
Google
dan Facebook memperoleh penghasilannya dari pengiklan, sehingga otomatis
mereka kontinyu untuk terus melakukan perubahan positif berupa peningkatan
sistem dalam beriklan. Jadi makin hari makin canggih sehingga Sis and Bro bisa
memasang iklan dengan lebih efektif.
Nah
jadi dari penjelasan diatas Sis and Bro sudah bisa mengambil kesimpulan
sendiri, mana yang lebih baik dan lebih tepat buat bisnis Sis and Bro. Silakan
timbang-timbang sendiri. Kalau menurut kami, saat Sis and Bro ingin bisnis Sis
and Bro berkembang dengan cepat, Sis and Bro harus alokasi budget untuk paid
traffic atau iklan berbayar.
Di
bisnis, Sis and Bro harus bisa dengan cepat memperoleh hasil, sumber traffic
harus bisa diSis and Brolkan dan mudah dilipat-gandakan.
Tetapi
yang perlu Sis and Bro perhatikan adalah untuk bisa menggunakan paid traffic
seperti Google Adwords dan Facebook Ads secara optimal, Sis and Bro perlu
belajar dari orang yang memang sudah pengalaman di bidang tersebut.
Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran
===============================================
Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli
produk Cafe Kindoyo dibawah ini, telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm
57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun
jualo.com, langsung saja klik link berikut :
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia
Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One
=========================================================================
Artikel Terkait :
No comments:
Post a Comment