Hosting Indonesia

Thursday 29 October 2015

Cara agar aplikasi kita cepat ditemukan Pengguna






Mungkin sekedar informasi saja bagi Sis and Bro bahwa sudah lebih dari 2.000.000  aplikasi mobile yang beredar di toko aplikasi di seluruh dunia saat ini. Untuk perhitungan secara kasar, artinya tiap 1 penguna akan dihadapakan dengan 2 juta pilihan saat mereka akan meng-install sesuatu di ponsel mereka. Dan, perlu diingat bahwa jumlah ini terus bertambah tiap harinya.


Jadi Sis and Bro didalam kita melihat hal ini, permasalahan yang mucul adalah bagaimana pengguna bisa menemukan sebuah aplikasi mobile yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kemudian juga bagaimana para pengembang aplikasi mobile bisa membuat target penggunanya mengunduh produk mereka di tengah lautan aplikasi mobile yang ada saat ini.


Pastinya kita semua menjadi sadar bahwa menjadi sangat penting untuk mengetahui dari mana biasanya pengguna mengetahui tentang sebuah aplikasi dan optimalisasi apa yang bisa dilakukan saat membuat aplikasi mobile agar lebih mudah ditemukan oleh para pengguna ponsel. Artikel ini akan membahas sekilas mengenai 2 pertanyan tersebut.


Sebagai langkah awal marilah kita bisa melihat data dari Apptentive yang menggambarkan darimana seorang pengguna menemukan sebuah aplikasi mobile. Data ini diambil dari salah satu responden yang dimiliki oleh Apptentive.




Dari data di atas bisa kita lihat bahwa kebanyakan responden menemukan dan mengetahui sebuah aplikasi mobile dengan browsing di dalam toko aplikasi mobile. Selebihnya kebanyakan dari cerita mulut kemulut. Melihat ini bisa dikatakan bahwa optimalisasi pendeskripsian aplikasi mobile sangat penting supaya aplikasi yang dibuat bisa ditemukan saat pengguna mengetikan kata kunci di dalam sebuah toko aplikasi mobile. Metode optimalisasi ini biasa disebut ASO (App Store Optimization)


Apakah ASO itu ?

Kita semua haruslah memahami bahwa secara umum ASO bisa didefinisikan sebagai proses optimalisasi aplikasi mobile untuk meningkatkan peringkat pencarian di dalam sebuah toko aplikasi. Jadi semakin tingi peringkatnya maka kemungkinan pengguna melihat aplikasi tersebut makin tinggi. Semakin banyak dilihat maka kemungkinan konversi ke proses pengunduhan akan meningkat. 

Jadi semakin tinggi jumlah unduhan maka akan semakin tinggi juga tingkat kepopuleran sebuah aplikasi. Begitu seterusnya hingga nantinya sebuah aplikasi bisa masuk ke dalam daftar top 10.


Perlu dicatat bahwa untuk dapat melakukan proses ASO maka diperlukan pemahaman soal siapa target pengguna dari aplikasi tersebut, tren apa saja yang sedang berlangsung di dalam lingkungan mereka, dan lain sebagainya. Pemahaman tersebut kemudian akan dikonversi menjadi kata kata kunci (keyword) yang akan dimasukan ke dalam judul maupun deskripsi dari sebuah aplikasi mobile

Tentunya kata kata kunci yang dihasilkan haruslah memiliki volume pencarian yang tinggi dari pengguna supaya aplikasi tersebut semakin mudah “muncul” saat pengguna melakukan pencarian.


Memang benar bahwa pada dasarnya secara keseluruhan proses ASO ini mirip mirip dengan proses SEO (Search Engine Optimization), sama-sama meningkatkan trafik pengguna lewat kata kunci. Perbedaanya hanya di platformnya saja.


Komponen Komponen Dasar ASO

Mari kita lihat beberapa komponen dasar yang bisa di optimalisasi dari sebuah pendeskripsian aplikasi mobile.


1.  Judul

Yang pertama adalah bahwa kata kunci yang akan ditempatkan di judul sebuah aplikasi haruslah memiliki volume pencarian yang tinggi. Namun perlu diperhatikan bahwa terlalu sering mengganti judul aplikasi makan akan memberikan efek yang kurang baik. Kenapa? Karena jika judul terlalu sering berubah maka proses penyebaran aplikasi dari mulut kemulut akan sulit berjalan. Lebih baik sediakan waktu tersendiri untuk melakukan riset untuk menentukan judul atau nama dari sebuah aplikasi mobile.


2.  Deskripsi


Kemudian Sis and Bro dapat melakukan riset kata-kata apa saja yang banyak dicari oleh segmen pengguna yang ditargetkan. Cara mudahnya adalah dengan memantau kata kunci yang digunakan kompetitor. Untuk bagian ini pergantian deskripsi bisa dilakukan sesering mungkin dan seperlunya tentunya dengan memantau perkembangan tingkat kepopuleran kata kata kunci yang ada dalam deskripsi.


Gunakan layanan tambahan seperti Google AdWords Tools, Straply, hingga laynan berbayar seperti AppCodes dan MobileDevHQ. Layanan-layanan yang disebutkan tadi berguna untuk memantau kata-kata kunci yang ada di dalam deskripsi aplikasi dan juga memberikan saran kata kunci apa saja yang berpotensi untuk digunakan. Selain itu pengembang aplikasi juga bisa memantau kata kata kunci yang digunakan oleh kompetitornya.


Dua komponen di atas adalah sebagian kecil dari hal-hal lain yang bisa di optimalisasi. Tapi, kedua hal tersebut adalah komponen dasar yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan sebuah aplikasi mobile saat ini. Jika kedua komponen tersebut tidak dioptimalkan maka kanal terbesar untuk meningkatkan jumlah unduhan aplikasi tidak akan didapatkan. Bahkan, kemungkinan aplikasinya dilihat oleh pengguna akan semakin kecil.


Ada fakta menarik yang saya temukan dalam sebuah infografis keluaran Trendblog yaitu sebesar 75% pengguna mengunduh aplikasi dari top chart tanpa sebelumnya mendengar tentang aplikasi tersebut. Artinya jika sudah ada di daftar top chart maka pengguna tidak akan ragu untuk mengunduh aplikasi tersebut.


Saya sendiri pun biasanya lebih memilih aplikasi yang peringkatnya lebih tinggi ketika saya melakukan pencarian di toko aplikasi tanpa melakukan pengecekan review aplikasi tersebut di Internet. Jika aplikasinya bagus akan saya pakai, jika tidak saya akan hapus.

Sebagai kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa didalam proses pembuatan aplikasi mobile modern saat ini sudah melibatkan banyak faktor tidak hanya faktor kecanggihan fitur, keindahan antarmuka, atau konten saja. Kemudahan pengguna dalam menemukan produk aplikasi mobile juga harus dipertimbangkan. Kanal distribusi aplikasi mobile memang sudah memilliki jalur tersendiri (lewat toko aplikasi) tapi tetap harus dioptimalisasi.

Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan telpon ke 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One 

=========================================================================
Artikel Menarik Lainnya :

Cara Mengambil Rejeki Dari Tuhan

Bagaimana meraih Kesuksesan hasil metamorphosis

Apa itu Semesta Mendukung atau Law Attraction

Beberapa Strategi Branding

Bagaimana Teknik Dan Strategi Penjualan EBOOK

Social Media Marketing

Cara Membuat Akun Paypal

Keunggulan dalam Sosial Media Marketing

No comments:

Post a Comment